Penerapan pendekatan discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V MI. Miftahul Huda Pohjentrek Pasuruan / Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V MI. Miftahul Huda Pohjentrek Pasuruan / Nurhidayati

Nurhidayati (2010) Penerapan pendekatan discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V MI. Miftahul Huda Pohjentrek Pasuruan / Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Standar isi 2006 menyebutkan pembelajaran IPA Sekolah Dasar (SD) untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar pengetahuan dan pemahaman konsep IPA meningkat dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari cara yang dapat dilakukan adalah melalui proses penemuan. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA yang dilakukan di MI. Miftahul Huda masih berpusat pada guru sehingga siswa pasif dan tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang dicapai 48 61 dengan 6 (33 33%) siswa mencapai ketuntasan dan 12 (66 6) siswa belum mencapai ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan pendekatan discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA pada materi benda dan sifatnya (2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi benda dan sifatnya dengan penerapan pendekatan discovery (3) Aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA pada materi benda dan sifatnya dengan penerapan pendekatan discovery. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI. Miftahul Huda yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 8 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi pedoman wawancara lembar tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep benda dan sifatnya kelas V MI. Miftahul Huda. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada tiap siklus. Hasil tes siklus I mencapai 66 6 dan meningkat menjadi 76 pada silklus II. Selain meningkatkan hasil belajar siswa pendekatan discovery juga dapat meningkatkan aktifitas siswa. Penerapan pendekatan discovery dalam pembelajaran IPA menjadikan siswa aktif bekerja sama dalam kelompok berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain serta menimbulkan rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan discovery dapat (1) Mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki siswa untuk aktif mandiri dan berkelompok (2) Meningkatkan hasil belajar (3) Meningkatkan aktifitas siswa. Saran-saran sebagai berikut Bagi praktisi pendidikan (1) Penerapan pendekatan discovery dalam proses pembelajaran IPA lebih ditingkatkan lagi (2) Tidak semua materi IPA dapat dilaksanakan dengan menggunakan discovery (3) Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (4) Hendaknya membentuk kelompok Bagi peneliti berikutnya (1) Pendekatan discovery ini dapat digunakan dalam penelitian-penelitian yang lain (2) Disarankan diadakan penelitian lanjutan dengan rancangan yang lebih komprehensif terutama dalam pengambilan data. Kata Kunci Discovery Ilmu pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103410

Actions (login required)

View Item View Item