Naqia, Sha Sha (2017) The implementation of clueless game for the seventh graders' vocabulary building in SMPN 9 Malang / Sha Sha Naqia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Naqia Sha Sha. 2016. Penerapan Clueless Game untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Siswa kelas 7 SMPN 9. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci perbendaharaan kata clueless game keterlibatan siswa Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembelajaran kosakata bagi siswa kelas 7 SMPN 9 Malang. Penelitian ini dilaksanakan karena terbatasnya perbendaharaan kata bahasa inggris para siswa. Berdasarkan studi pendahuluan hanya setengah dari keseluruhan siswa yang lulus dari batas standar kelulusan minimal. Standar nilai kelulusan minimal ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada studi pendahuluan guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk mengajarkan kosakata dan beberapa siswa tidak mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Oleh karena itu siswa tidak begitu antusias mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah tersebut penggunaan clueless game untuk meningkatkan perbendaharaan kata diterapkan di pembelajaran kosakata. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu mengenai bagaimana clueless game dapat meningkatkan perbendaharaan kata siswa kelas 7 SMPN 9 Malang. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan Penerapan Pengamatan dan Refleksi. Terdapat 1 pertemuan pada siklus 1 dan 3 pertemuan pada siklus 2. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIB di SMPN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016. Peneliti menggunakan tes perbendaharaan kata lembar observasi dan kuisioner untuk mengumpulkan data. Kriteria kesuksesan ditentukan oleh peneliti dimana minimal 75% dari siswa di kelas memperoleh nilai diatas nilai minimal dan 75% siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 100% siswa mencapai nilai diatas nilai minimal yaitu 75 hal tersebut menunjukkan bahwa menggunakan clueless game dapat membantu meningkatkan perbendaharaan kata siswa (2) 75% siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar ini menunjukkan bahwa clueless game tidak hanya meningkatkan perbendaharaan kata siswa tapi juga mampu meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Detail langkah-langkah dari permainan clueless ini antara lain pertama menjelaskan peraturan permainan kepada siswa karena beberapa siswa mungkin bingung dengan peraturannya. Kedua siswa bertanya kepada pemegang kartu tentang petunjuk menggunakan pertanyaan Ya atau Tidak untuk menebak kata yang tertulis pada kartu bergambar. Setiap siswa harus menanyakan satu pertanyaan paling tidak satu kali. Saran-saran dari penelitian ini ditujukan untuk guru Bahasa Inggris dan peneliti-peneliti lainnya. Bagi guru Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan clueless game karena dapat membantu meningkatkan perbendaharaan kata bahasa inggris siswa. Bagi peneliti selanjutnya khususnya bagi peneliti yang tertarik mengadakan penelitian yang serupa disarankan untuk menggunakan media ini sebagai salah satu alternatif strategi untuk pengajaran kosakata untuk siswa di jenjang pendidikan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10341 |
Actions (login required)
View Item |