Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kertosari I Kabupaten Pasuruan / Badrus Shochich M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kertosari I Kabupaten Pasuruan / Badrus Shochich M.

Shochich M., Badrus (2010) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kertosari I Kabupaten Pasuruan / Badrus Shochich M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Keterampilan Proses Pemahaman Konsep IPA. Kemampuan memahami konsep materi tanah siswa kelas V di SDN Kertosari 1 Pasuruan masih tergolong rendah. Disebabkan pengetahuan yang diperoleh berasal dari teori saja dan pembelajaran hanya terpusat pada guru. Penelitian ini merupakan upaya tindakan pada skala kecil untuk memberikan alternatif pendekatan keterampilan proses agar dapat meningkatkan hasil belajar dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan konsepsi awal siswa kelas V SDN Kertosari I tentang tanah sebelum diadakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. (2) Mendeskripsikan penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam meningkatkan pemahaman konsep tanah siswa kelas V SDN Kertosari I. (3) Mendeskripsikan pemahaman konsep tanah siswa kelas V SDN Kertosari I setelah menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Kertosari I pada semester II tahun pelajaran 2009/ 2010 dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre tes wawancara dan kuesioner observasi dokumentasi dan tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Hasil penelitian (1) Konsepsi awal siswa sangat beragam ada yang belum ilmiah dan ada yang sudah ilmiah (2) Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat diterapkan di SDN Kertosari 1 Pasuruan (3) Pemahaman siswa kelas V khususnya materi tanah meningkat sesudah diterapkan Pendekatan Keterampilan Proses. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disarankan beberapa hal.(1)Sebaiknya dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses guru sudah memiliki persiapan instrumen-instrumen pembelajaran seperti LKS RPP Alat dan bahan serta buku penunjang yang relevan. (2) Hendaknya dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses guru sudah memiliki kemampuan untuk mengkondisikan siswa dalam pembelajaran. (3) Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan materi-materi lain dan pada mata pelajaran lain atau dengan membandingkan dengan pendekatan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103408

Actions (login required)

View Item View Item