Penerapan model discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Minggir dalam mengidentifikasi daur hidup hewan / Ahmad Sufiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Minggir dalam mengidentifikasi daur hidup hewan / Ahmad Sufiyan

Sufiyan, Ahmad (2010) Penerapan model discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Minggir dalam mengidentifikasi daur hidup hewan / Ahmad Sufiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Discovery Hasil Belajar IPA. Pembelajaran IPA pada pelaksanaannya haruslah diupayakan dalam kondisi pembelajaran yang kondusif dalam arti pembelajaran itu harus bersifat aktif kreatif efektif inovatif dan menyenangkan. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada pembelajaran IPA di SDN Minggir hanya 53 2. Sedangkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan pada pembelajaran IPA adalah 70 00. Rendahnya nilai siswa diduga karena pembelajaran yang dilakukan secara monoton tanpa menggunakan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan penerapan model discovery dalam mengidentifikasi daur hidup hewan. (2). Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model discovery. (3). Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Minggir pada materi mengidentifikasi daur hidup hewan setelah diajarkan dengan model discovery. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus karena dalam materi daur hidup hewan terdapat dua indikator. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan Pelaksanaan Observasi dan Refleksi. Nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) individu 70% dan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) klasikal (kelas) 75% dari jumlah subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Minggir sebanyak 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model discovery pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Minggir adalah sebagai berikut (1). Pelaksanaan Pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery membuat guru lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran IPA sehingga membuat siswa lebih aktif karena siswa belajar menemukan sendiri permasalahan yang dihadapi. (2). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 secara keseluruhan adalah rata-rata 2 3 dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 2 5 dengan kriteria baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 secara keseluruhan adalah rata- rata 2 6 dan terus mengalami peningkatan pada pertemuan 2 menjadi 2 7 dengan kriteria baik. (3). Hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan mulai dari pra tindakan sampai dengan data pada tindakan siklus II. Data pra tindakan yang tidak menerapkan model discovery menunjukkan rata-rata kelas hanya mencapai 53 2. Data tersebut menjadi gambaran bahwa pembelajaran konvensional yang dilaksanakan di kelas tidak maksimal. Sedangkan rata-rata kelas pada tindakan siklus I yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model discovery mencapai 69 2 dan mengalami peningkatan pada tindakan siklus II dengan rata-rata mencapai 81 7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103407

Actions (login required)

View Item View Item