Penerapan model pembelajaran synectics untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Afif Afrudin Uar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran synectics untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Afif Afrudin Uar

Uar, Afif Afrudin (2010) Penerapan model pembelajaran synectics untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Afif Afrudin Uar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Synectics hasil belajar IPS Sekolah Dasar. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan. Guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang bersifat edukatif yakni antara guru dengan siswa siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar demi menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran yang interaktif dan edukatif sangat menunjang guru dalam mengaktualisasikan kompetensinya secara profesional dalam aspek metodologis. Masalahnya masih dijumpai banyak guru berpendapat bahwa pembelajaran yang baik di kelas adalah apabila kelas tenang dan tidak berisik. Salah satu bukti nyata di SDN Sladi bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam hal ini ceramah. Akibatnya siswa menjadi bosan dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu diperlukan suatu pengembangan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (a) mendeskripsikan bagaimana penerapan model synectics dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Sladi dalam pembelajaran IPS (b) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sladi dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model synectics. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus (siklus I dan siklus II). Tahapan siklus mempunyai alur (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sladi yang berjumlah 24 orang. Fokus penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model synectics. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi (pengamatan) wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika seluruh prosedur telah terlaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sladi mengalami peningkatan. Pada kegiatan pra tindakan persentase nilai rata-rata siswa mencapai 51 9% selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 68 9% dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 15 3% menjadi 84 2% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Selain peningkatan hasil belajar siswa dampak lain yang terlihat adalah adanya peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran (kemampuan siswa berpikir kreatif). Pada kegiatan pra tindakan persentase aktivitas siswa secara klasikal mencapai 26 6% namun pada siklus I meningkat menjadi 53 3% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 68 8%. Kemampuan guru dalam merancang RPP pada siklus I mendapatkan skor 94 1 dan meningkat pada siklus II menjadi 95 5 dengan kualifikasi Sangat Baik . Kemampuan guru merumuskan rencana pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor 88 2% dan meningkat pada siklus II menjadi 95 5% dengan kualifikasi Sangat Baik . Selanjutnya kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mendapatkan skor 84% dan meningkat pada siklus II menjadi 95 4%. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran diperkirakan dapat meningkatkan persentase dan kualitas model pembelajaran yang diteliti. Saran yang diajukan tersebut adalah (1) bagi guru agar dapat menggunakan model-model pembelajaran terbaru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif (2) bagi Kepala Sekolah agar hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan untuk memberikan supervisi dan bimbingan bagi guru berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran dan (3) bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan model pembelajaran ini dengan modifikasi dan pengembangan yang lebih baik dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103406

Actions (login required)

View Item View Item