Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model think-talk-write (TTW) di kelas ID SDN Ranggeh Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Roswita Tabavmolo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model think-talk-write (TTW) di kelas ID SDN Ranggeh Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Roswita Tabavmolo

Tabavmolo, Roswita (2010) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model think-talk-write (TTW) di kelas ID SDN Ranggeh Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Roswita Tabavmolo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis deskripsi Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas IV SD Siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas IV diharapkan dapat memiliki keterampilan menulis deskripsi. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SD Negeri Ranggeh ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah. Hal ini dilihat dari tugas-tugas dan nilai ulangan harian yang berkaitan dengan materi pelajaran menulis karangan deskripsi yang ditulis yaitu masih sulit dibaca guru karena tulisan siswa masih belum rapi penempatan huruf besar dan kecil tidak teratur dan penggunaan tanda baca belum maksimal siswa kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan buah pikirnya sering mengulang kata lalu dan terus isi kalimat relatif tidak menggambarkan topik dan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak sinambung paragraf yang satu dengan paragraf yang lain tidak koheren. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan cara penerapan model TTW sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD (2) mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan model TTW pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ranggeh yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan yang melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model TTW dalam penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap think pada tahap think siswa melaluinya dengan bentuk pengamatan terhadap lingkungan sekolah wawancara dengan guru-guru SDN Ranggeh dan pengamatan terhadap apotik hidup. Tahap ke 2 yaitu tahap talk pada tahap ini yang dilakukan siswa adalah berdiskusi dengan teman sendiri setelah melakukan pengamatan dan tahap ke 3 yaitu tahap write tahap Write terlihat pada saat siswa mulai menulis karangan deskripsi berdasarkan hasil pengamatan. Dari tahap-tahap dalam model ini terlihat ada peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa. Peningkatan ketuntasan belajar (berdiskusi dalam kelompok) pada siklus I sebesar 46 1% siklus II sebesar 61 3% dan siklus III sebesar 92 2%. Ketuntasan belajar (keterampilan menulis deskrpsi) yang diperoleh pada saat pra tindakan sebesar 15 3% siklus I sebesar 46 1% siklus II sebesar 65 3% dan siklus III sebesar 84 5%. Penerapan model TTW dalam pembelajaran menulis deskripsi ini merupakan salah satu alternatif dalam meningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa SD sehingga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103399

Actions (login required)

View Item View Item