Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Beji IV Pasuruan / Geralds Ronald Kolely - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Beji IV Pasuruan / Geralds Ronald Kolely

Kolely, Geralds Ronald (2010) Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Beji IV Pasuruan / Geralds Ronald Kolely. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajarn Demokratis Berperspektif Gender hasil belajara PKn Pada tanggal 29 Mei 2010 dilakukan observasi di kelas V SDN Beji IV mata pelajaran PKn dengan materi pokok keputusan bersama teryata nilai hasil pembelajaran yang diperoleh siswa laki-laki cenderung lebih tinggi dari nilai hasil pembelajaran yang diperoleh siswa perempuan yaitu nilai siswa laki-laki rata-rata 6 sedangkan nilai siswa perempuan rata-rata 5 jadi nilai rata-rata siswa laki-laki dan perempuan adalah 5 5. hal ini membuktikan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SDN Beji IV tidak ada kesetaraan gender kerena dalam kegiatan pembelajaran guru lebih megutamakan siswa laki-laki dari siswa perempuan baik dalam mengajukan pertanyaan maupun pendapat. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Beji IV Pasuruan 2) untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Demokrasi Berperspektif Gender untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok keputusan bersama di kelas V SDN Beji IV Pasuruan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1) lembar observasi 2) soal tes. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 70. Pelaksanaan pembelajaran dibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu a) perencanaan b) pelaksanaan tindakan dan observasi c) refleksi d) revisi. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Beji IV Pasuruan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari proses pembelajaran pada pra tindakan tindakan siklus I dan tindakan pada siklus II dengan skor rata-rata kelas sebagai berikut (1) pra tindakan 64 94% dengan 9 orang siswa yang tuntas dan 27 siswa tidak tuntas dengan skor tertinggi 85 dan skor terendah 50 (2) tindakan siklus I 71 11% dengan 19 siswa tuntas dan 17 orang dan tidak tuntas dengan skor tertinggi 88 dan skor terendah 58 (3) tindakan siklus II 76 61% dengan siswa yang tuntas 32 dan yang tidak tuntas 4 orang dengan skor tertinggi 90 dan skor terendah 63. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran demokratis berperspektif gender pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok keputusan bersama. Kesimpulan 1) Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender dapat meningkatkan aktifitas kerjasama antara siswa laki-laki dan perempuan dalam belajar sehingga siswa tidak hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru namun siswa yang melakukan kegiatan belajar dan guru bertindak sebagai pengajar dan pembimbing 2) Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok keputusan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103396

Actions (login required)

View Item View Item