Penggunaan media pembelajaran peta kabupaten setempat untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di SDM Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Surtini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran peta kabupaten setempat untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di SDM Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Surtini

Surtini (2010) Penggunaan media pembelajaran peta kabupaten setempat untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di SDM Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Surtini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peta Hasil Belajar IPS SD Hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan tidak pernah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media peta. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 70%. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan media sangat tepat dan dianjurkan sebagai alternative proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan cara memanfaatkan media peta Kabupaten tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Ampelsari Kecamatan Pasrepan. 2) Mendiskripsikan dampak penggunaan media peta Kabupaten terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan. 3) Mendiskripsikan hasil belajar siswa tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam mata pelajaran IPS dengan menggunakan media peta Kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC.Taggart dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara pengamatan guru dan postes. Hasil dari penelitian setelah dilakukan tindakan data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada pra tindakan rata-rata 50 3. Pada siklus I mencapai rata-rata kelas 67 73 sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata kelas 91 36 sehingga ketuntasan belajar mencapai 100% Kesimpulan ini sesuai dengan bab V dari penelitian ini yaitu penggunaan media peta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa dari pra tindakan mendapat rata-rata 50 3 menjadi 67 73 pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 91 36 dengan ketuntasan belajar 100%. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan media peta kabupaten setempat pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dan sumber daya alam. Alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media perlu diperhatikan karena hal itu yang menentukan keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103395

Actions (login required)

View Item View Item