Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji pada mata pelajaran IPS / Wahyu Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji pada mata pelajaran IPS / Wahyu Widyastuti

Widyastuti, Wahyu (2010) Penerapan model problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Kec. Pakisaji pada mata pelajaran IPS / Wahyu Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Problem Solving kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Kegiatan pembelajaran di SDN Kebonagung 06 Malang masih belum maksimal siswa cenderung tidak aktif jarang bertanya kepada guru dan hanya sesekali menjawab pertanyaan dari guru sulit membuat kesimpulan serta cenderung menerima semua yang diberikan oleh guru. Selain itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS juga masih rendah hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kelas pada materi pengenalan peta yang hanya 56 18 sedangkan standar nilai KKM yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran ini adalah sebesar 65. Masalah ini akan dipecahkan dengan model pembelajaran problem solving yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi keragaman kenampakan alam mata pelajaran IPS. Model pembelajaran ini memiliki lima tahapan dimulai dari eksplorasi identivikasi masalah pengajuan hipotesis memverifikasi hipotesis serta aplikasi (Wellington 1960 29). Sedangkan kemampuan berpikir kritis yang diamati meliputi kegiatan merumuskan hipotesis melakukan diskusi ketrampilan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan tingkat ketrampilan berpikir siswa membuat kesimpulan serta menerapkan konsep. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang tanggal 12-19 November 2009. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis Taggart (Sa dun 2008 89) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan keragaman kenampakan alam sedangkan siklus II dengan pokok bahasan gejala-gejala alam perilaku masyarakat dan peristiwa alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut secara mendalam dan menyeluruh agar diketahui permasalahan pembelajaran secara kompleks sehingga hasil penggunaan pembelajaran dengan model problem solving dapat lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103393

Actions (login required)

View Item View Item