Using classroom debate strategy to improve tenth grade senior high school students' speaking skill / Muji Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Using classroom debate strategy to improve tenth grade senior high school students' speaking skill / Muji Prihatin

Prihatin, Muji (2017) Using classroom debate strategy to improve tenth grade senior high school students' speaking skill / Muji Prihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihatin Muji. 2016. Strategi Debat dalam Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sepuluh. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. 2) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Kemampuan Berbicara Kelancaran Strategi Debat dalam Kelas Sebagai alat komunikasi bahasa Inggris secara luas digunakan pada komunikasi internasional oleh manusia. Siswa di Indonesia diharapkan dapat berperan aktif pada dunia komunikasi internasional. Maka dari itu bahasa Inggris diajarkan di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Indonesia. Oleh karena itu siswa dituntut memiliki kelancaran berbicara bahasa Inggris yang bagus sebagai salah satu aspek kemampuan berbicara agar mereka mampu berpartisipasi pada interaksi internasional. Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas X IIS 3 di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Malang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah. Hasil dari observasi menunjukkan bahwa 31 dari 36 siswa memiliki kemampuan berbicara yang kurang. Penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) iniditujukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi debat. Penelitian ini dilaksanakan pada empat pertemuan dalam satu siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas X IIS 3 SMAN 5 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar observasi catatan lapangan pedoman wawancara kuesioner dan rubrik penilaian. Strategi debat ini berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dapat dilihat dari hasil nilai kemampuan berbicara bahwa nilai siswa meningkat secara bertahap dari 1 sampai 4 poin disetiap pertemuan. Oleh karena itu pada pertemuan terakhir dari penerapan strategi debat semua siswa berhasil meningkatkan nilai mereka mencapai 5 poin dan bahkan beberapa siswa meningkatkan nilai lebih dari 5 poin. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris harus memilih materi yang tepat untuk debat dan membagi jam pelajaran dengan tepat. Di samping itu pihak sekolah disarankan untuk menyediakan fasilitas yang mendukung strategi debat seperti LCD proyektor dan soundsystemdi dalam kelas. Yang terakhir untuk peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk menerapkan strategi debat dengan mencari aktivitas-aktifitas yang lebih menarik dan bermakna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item