Pemanfaat media tiruan kerangka untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ketawanggede 1 Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Supriyatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaat media tiruan kerangka untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ketawanggede 1 Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Supriyatin

Supriyatin (2010) Pemanfaat media tiruan kerangka untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ketawanggede 1 Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Supriyatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Tiruan Pembelajaran IPA Hasil belajar Pemilihan media tiruan kerangka ini disesuaikan dengan materi pokok yang akan diajarkan yaitu sistem rangka manusia karena sangat sulit untuk mengidentitifikasi tulang tulang rangka manusia yang letaknya ada di dalam dan sulit untuk diidentifikasi. Hal ini mengacu pada Sanaky (2009 12)yang menyatakan penggunaan benda-benda tiruan perlu dilakukan pengajar dengan pertimbangan benda asli tersebut sulit didapatkan benda asli tersebut terlalu jauh tempatnya benda asli tersebut terlalu kecil atau terlalu jauh tempatnya benda asli tersebut terlalu kecil atau terlalu besar dan mungkin benda tersebut merupakan benda yang dilindungi oleh cagar budaya. Hasil observasi awal di SDN Ketawanggede I Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV materi sistem rangka manusia masih kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru mendominasi pembelajaran melalui kegiatan ceramah dan mencatat. Hasil belajar siswa rata-rata 48 96 atau masih dibawah KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yakni 70. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media tiruan kerangka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan media tiruan kerangka (2) ) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media tiruan kerangka.(3) Hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan media tiruan kerangka. Penelitian ini dilakukan di SDN Ketawanggede I Kota Malang dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Tanggart meliputi (1) perencanaan (planning) (2) tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) (4) refleksi (reflecting). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh penggunaan media tiruan kerangka. Langkah-langkahnya adalah (1)Pemanfaatan media tiruan kerangka sebelum digunakan (2) Pemanfaatan media tiruan kerangka selama digunakan (3) Pemanfaatan media tiruan setelah digunakan. Pemanfaatan media tiruan kerangka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pra tindakan 48 96 siklus I 58 86 dan siklus II 79 77. Sedangkan secara klasikal diperoleh hasil 72 % siswa telah mencapai KKM dari 75% standar yang ditentukan. Penggunaan media tiruan dalam pembelajaran IPA di kelas IV terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 63 98 dan siklus II 76 27.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103388

Actions (login required)

View Item View Item