Penerapan pembelajaran konstruktivistik untuk meningkatkan penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gadang I Kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Alfan Andri Chrisdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran konstruktivistik untuk meningkatkan penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gadang I Kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Alfan Andri Chrisdianto

Chrisdianto, Alfan Andri (2010) Penerapan pembelajaran konstruktivistik untuk meningkatkan penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gadang I Kota Malang tahun pelajaran 2007-2008 / Alfan Andri Chrisdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran konstruktivistik luas matematika bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V SDN Gadang I Kota Malang pada pokok bahasan Luas Bangun Datar yang menerapkan pembelajaran konstruktivistik. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif. Penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini meliputi 2 siklus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan Tindakan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gadang I Kota Malang yang berjumlah 33 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan indikator keberhasilan kelas sebesar 85% dan indikator individu siswa dengan nilai minimal 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V SDN Gadang I meningkat (2) Pembelajaran konstruktivistik membuat kegiatan belajar lebih terpusat pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor tes yang meningkat rata-rata ulangan harian pertama sebesar 67 57 rata-rata ulangan harian kedua sebesar 66 2 dan rata-rata nilai ujian tengah semester siswa sebesar 56 96. Pada siklus I dari 33 siswa yang berhasil memperoleh nilai 61619 75 sebesar 78 78% dengan nilai rata-rata kelas 75 61. Siklus II sebesar 81 81% dengan rata-rata kelas 81 21. Pada siklus III indikator keberhasilan kelas tercapai sebesar 90 90% dengan rata-rata kelas 85 45. untuk pencapaian indikator individu masih terdapat tiga siswa yang belum mendapat nilai 61619 75 dengan kisaran nilai 70. hal ini dikarenakan tiga siswa tersebut termasuk siswa yang kurang jika dibandingkan dengan yang lain kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan kurang telitinya siswa dalam perhitungan perkalian sehingga jawaban yang diberikan menjadi tidak tepat. Dampak dalam penggunaan Pendekatan Kontruktivisme adalah dapat meningkatkan penguasaan menyelesaikan soal-soal kontekstual bangun datar siswa kelas V SDN Gadang I Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103386

Actions (login required)

View Item View Item