Penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Martopuro II / Maria Theresia Kilmas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Martopuro II / Maria Theresia Kilmas

Kilmas, Maria Theresia (2010) Penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Martopuro II / Maria Theresia Kilmas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kilmas Maria Theresia. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M. Pd (2) Dra. Hj. Sukamti M. Pd. Kata Kunci Pembelajaran Terpadu Connected Hasil Belajar IPA Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Martopuro II pada kegiatan pembelajaran IPA dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Martopuro II dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran IPA di antaranya adalah siswa cenderung pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan siswa tidak pernah diajak untuk belajar secara berkelompok. Nilai rata-rata siswa kelas IV masih di bawah standar ketuntasan minimal yaitu 61 03% hal ini di karenakan metode yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan situasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaan terpadu tipe connected untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1) lembar observasi 2) soal tes 3) panduan wawancara. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 70. Pelaksanaan pembelajaran dibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi (c) refleksi (d) revisi. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Martopuro II. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari proses pembelajaran pada pra tindakan tindakan siklus I dan tindakan pada siklus II dengan skor rata-rata kelas sebagai berikut (1) pra tindakan 61 03% dengan 12 orang siswa yang tuntas dan 18 siswa tidak tuntas dengan skor tertinggi 80 dan skor terendah 40 (2) tindakan siklus I 74 76% dengan siswa yang tuntas dan 27 orang dan yang tidak tuntas 3 orang dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 60 (3) tindakan siklus II 73 33% dengan siswa yang tuntas 25 dan yang tidak tuntas 5 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 50. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe connected dalam pembelajaran IPA pada materi gaya. Kesimpulan (1) penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar sehingga siswa tidak hanya duduk diam dan mendengar namun siswa yang melakukan kegiatan belajar dan guru bertindak sebagai pengajar dan pembimbing (2) penerapan model pembelajaran terpadu tipe connected dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103385

Actions (login required)

View Item View Item