Developing a quartet card games to teach vocabulary to the fourth graders / Aulia Zahroh Ayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing a quartet card games to teach vocabulary to the fourth graders / Aulia Zahroh Ayuningsih

Ayuningsih, Aulia Zahroh (2017) Developing a quartet card games to teach vocabulary to the fourth graders / Aulia Zahroh Ayuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayuningsih Aulia Zahroh. 2016. Pengembangan Permainan Kartu Kuartet untuk Mengajarkan Kosa Kata pada Siswa Kelas IV. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. (II) Nur Hayati S.Pd M.Ed. Kata Kunci penguasaan kosa kata permainan kartu kuartet pelajar muda Menguasai kosa kata diperlukan untuk berkomunikasi secara efektif dan kosa kata perlu dipelajarisejak usia dini.Guru khususnya pengajar anak- anak perlu merancang kegiatan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan untuk membantu siswa belajar serta mengusasi kosa kata. Salah satu caranya yaitu menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasilpenelitian awal di sebuah Sekolah Dasar menunjukkan bahwa guru jarang menerapkan kegiatan yang menyenangkan serta jarang menggunakan permainan dan media dalam mengajarkan Bahasa Inggris. Penyebab jarangnya menerapkan kegiatan permainan di sekolahialah waktu dan biaya yang terbatas untuk mempersiapkan permainan.Hal tersebutlah yang mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian pengembangan tentang permainan kartu kuartet untuk pembelajaran kosa kata pada kelas empat. Penelitian tersebut mengikuti tujuh tahapan berikut antara lain penelitian awal perencanaan pengembangan produk awal uji coba produk awal (validasi ahli) revisi produk utama uji coba produk dan revisi produk akhir. Subjek yang digunakan dalam uji coba produkmelibatkan enam belas siswa kelas IV di sebuah Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan empat jenis instrumen dalampengumpulan data antara lain checklist validasi ahli lembar observasi kuisioner dan lembar wawancara. Versi akhir dari permainan kartu kuartet yang dibuat dengan mempertimbangkan hasil hasil validasi ahli dan uji coba terdiri dari dua puluh empat pak kartu kuartet beberapa token dan sebuah dadu. Produk tersebut disebut sebuah paket belajar karena menyediakan dua kegiatan belajar dengan Kartu Kuartet permainan Kartu Kuartet dan permainan Cycling Chase. Peneliti memilih buah dan sayuran sebagai topik dari pengembangan produk. Setelah bermain siswa diminta mengerjakan teka teki silang untuk memeriksa kosa kata siswa. Subjek juga didorong untuk menggunakan istilah-istilah khusus dalam kelas (classroom language) ketika berinteraksi dengan teman - temannya. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji cobaproduk produk tersebutdinyatakan telah melampaui tujuan pengembangan. Permainan kartu kuartet dapat memotivasi siswa dan melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran kosa kata. Selain itu siswa dapat mempelajari kosa kata dengan bermain permainan ini. Bagi guru dan peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan permainan kartu kuartet untuk diterapkan pada siswa di kelasyang lebih rendah yang mana mereka masih suka bermain. Dikarenakan terbatasnya topik yang tersedia di kartu maka peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan permainan kartu kuartet untuk topik-topik yang berbedadari kelompok/ kategori tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item