Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 2 SDN Pandanwangi 1 Kota Malang / Dian Rahmani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 2 SDN Pandanwangi 1 Kota Malang / Dian Rahmani

Rohmani, Dian (2010) Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 2 SDN Pandanwangi 1 Kota Malang / Dian Rahmani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kontekstual Hasil belajar aktivitas IPA Berdasarkan observasi awal siswa kelas II SDN Pandanwangi 1 cenderung pasif dalam pembelajaran IPA. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih menggunakan cara tradisional/konvensional. Metode yang digunakan lebih banyak ceramah sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA siswa kelas II SDN Pandanwangi 1 (2) memaparkan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Pandanwangi 1 setelah dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual (3) memaparkan aktvitas belajar siswa kelas II SDN Pandanwangi 1 setelah dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pandanwangi 1 Malang. Dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh guru kelas II. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Pada penelitian ini guru menerapkan tujuh komponen CTL dalam pembelajaran. Ketujuh komponen tersebut adalah constructivism questioning inquiry modeling learning community reflection dan authentic assessment. Nilai kemampuan guru pada pratindakan rata-rata 14 29 meningkat pada siklus I menjadi 76 79 dan pada siklus II menjadi 98 22. Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA. Hasil belajar siswa pada pratindakan rata-rata 63 meningkat pada siklus I menjadi 80 65 dan pada siklus II hasil belajar siswa menjadi 87 12. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pratindakan Rata-rata yang diperoleh adalah 12 meningkat pada siklus I menjadi 64 23 dan pada siklus II menjadi 76 29. Saran yang diberikan peneliti adalah sebaiknya guru menyiapkan media yang konkrit untuk anak usia SD. Selain itu sebaiknya guru menerapkan komponen-komponen pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103379

Actions (login required)

View Item View Item