Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Novie Istiaricha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Novie Istiaricha

Istiaricha, Novie (2010) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Novie Istiaricha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kiduldalem I Kec. Bangil Kab. Pasuruan ditemukan fakta bahwa banyak siswa yang bermain sendiri saat belajar kelompok berlangsung ada siswa yang mencontek jawaban teman sekelompok dan satu siswa saja yang mengerjakan tugas kelompok. Perolehan nilai pada materi pengajarannya sebesar 62 80. Siswa dalam kegiatan kelompok belum nampak dalam bekerjasama oleh karena pada penelitian ini dicoba diterapkan pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa mendiskripsikan dampak penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan proses belajar siswa dan mendiskripsikan dampak penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas model bersiklus (model Kemmis dan Taggart). Yang terdiri dari dua siklus masing-masisng siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kiduldalem I Kec. Bangil Kab. Pasuruan sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi wawancara dokumentasi angket dan tes tulis. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan soal evaluasi ( tes tulis ). Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran meningkat. Indikasinya banyak siswa mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dimengerti siswa dapat berdiskusi dan bekerjasama siswa mampu menjawab pertanyaan guru/teman siswa mampu mengemukakan ide-ide dan siswa mampu melaporkan hasil karya kelompok tanpa ditunjuk. Aktifitas belajar meningkat 34 26% dan hasil belajar siswa dari pra tindak ke siklus I meningkat 6 96% dari pra tindakan ke siklus II meningkat 9 82% dan dari siklus I ke siklus II meningkat 5 % . Disarankan pada penelitian selanjutnya dapat lebih mengembangkan fokus penelitiannya tentang penerapan pembelajaran berbasis portofolio yang berbeda pada mata pelajaran yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103378

Actions (login required)

View Item View Item