Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Palangsari II, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan / Alfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Palangsari II, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan / Alfiah

Alfiah (2010) Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Palangsari II, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan / Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penggunaan Media Gambar Seri Kemampuan Bercerita Bahasa Indonesia Pada hakikatnya belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi. Dengan pendekatan komunikatif ini siswa harus diberi kesempatan untuk melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Supaya siswa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka siswa perlu dilatih sebanyak-banyaknya atau diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan kegiatan berkomunikasi. Dengan mempertimbangkan karakteristik anak yang lebih memperhatikan terhadap sesuatu yang menarik perhatian mereka membangkitkan minat dan motivasi belajar serta melatih imajinasi anak maka penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak dapat dilakukan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan cara menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan (2) Mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan bercerita siswa dengan penggunaan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan dan seorang guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Lembar Kerja Siswa (LKS) soal tes pedoman wawancara catatan lapangan serta rencana pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri tidak hanya dapat meningkatkan aspek kognitif saja tetapi juga kelancaran membaca keberanian dan semua aspek yang menyangkut perkembangan siswa dalam pembelajaran seperti kemampuan bekerja sama serta partisipasi siswa dalam pembelajaran itu selain itu pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang serta mengelola pembelajaran secara individual klasikal maupun berkelompok. 2) Penerapan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi murid di setiap siklus pada siklus I mencapai rata-rata 69 12 dan meningkat menjadi rata-rata 77 15 (100%) pada siklus II. Pada pratindakan kosa kata yang dikuasai murid masih sangat kurang setelah adanya pembelajaran dengan menggunakan gambar seri untuk kemampuan bercerita diadakan wawancara dengan murid perbendaharaan kata yang terkuasai bertambah keberanian anak untuk mengungkapkan pertanyaan balik dengan peneliti patut diacungi jempol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Palangsari II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Tentunya pembelajaran ini dapat diterapkan pada kelas yang berbeda untuk ketrampilan yang sama. Saran kepada guru agar memakai model pembelajaran ini agar siswa tidak bosan dan termotivasi. Saran kepada siswa hendaknya meningkatkan hasil dan kemampuannya dengan cara lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103377

Actions (login required)

View Item View Item