Penerapan model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matemtika siswa kelas IV SDN Rejosari Kraton Pasuruan / Sri Umiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matemtika siswa kelas IV SDN Rejosari Kraton Pasuruan / Sri Umiyati

Umiyati, Sri (2010) Penerapan model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matemtika siswa kelas IV SDN Rejosari Kraton Pasuruan / Sri Umiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Polya pemecahan masalah hasil belajar matematika SD. Belajar matematika bukan hanya berhadapan dengan teori dan konsep saja melainkan harus melakukan sesuatu mengetahui dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran. Rendahnya nilai matematika salah satu penyebab yaitu daya tarik siswa terhadap mata pelajaran matematika masih rendah. Anggapan yang terjadi pada masyarakatmenyatakan matematika adalah pelajaran yang sulit dan membingungkan terutama dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Untuk hal ini bisa didapatkan melalui pembelajaran memecahkan masalah model Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran model Polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam matematika siswa kelas IV SDN Rejosari (2) penerapan pembelajaran model Polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Rejosari. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Rejosari sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi tes angket dan lembar wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerpan model Polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN Rejosari dilakukan dengan langkah-langkah (1) mengorientasikan siswa pada masalah (2) mengorganisasi siswa untuk belajar (3) membimbing pemecahan masalah dengan langkah-langkah memahami masalah menentukan strategi penyelesaian melaksanakan strategi penyelesaian dan memeriksa atau melihat kembali proses penyelesaian masalah. (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerpan model Polya dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN Rejosari. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pratindakan 57 9 (cukup) dan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 66 7 (baik). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83 3 (baik sekali). Berdasarkan hasil temuan di lapangan selama penelitian dilaksanakan disarankan Sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika hendaknya meningkatkan layanan fasilitas pembelajaran di SD. Guru dalam kegiatan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan pemecahan masalah hendaknya menggunakan pendekatan model Polya dalam pembelajaran sehingga siswa lebih memahami konsep tentang pemecahan masalah. Peneliti lain dalam mengadakan penelitian tentang soal cerita matematika hendaknya meneliti hal lain yang berkaitan dengan model pembelajaran matematika selain model Polya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103372

Actions (login required)

View Item View Item