Pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan / Jami'ati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan / Jami'ati

Jami'ati (2010) Pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan / Jami'ati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK JAMI ATI. 2010. Pemanfaatan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Program Studi S I PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (2) Drs. A. Badawi M.Pd. Kata Kunci Pemanfaatan perpustakaan kemampuan membaca bahasa IndonesiaSD Dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kemampuan membaca merupakan kunci untuk mempelajari mata pelajaran yang lain. Guru kelas II SDN Sidogiri I tidak memanfaatkan perpustakan sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan membaca dan tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Bagaimana merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah Bagaimana mengimplementasi hasil pembelajaran dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah Bagaimana peningkatan hasil pembelajaran dengan pemanfaatan perpustakan sekolah Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rencana pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakan sekolah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II (2) mendeskripsikan mengimplementasi hasil pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah (3) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran bahasa Indonesia dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah pada siswa kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini siswa kelas II SDN Sidogiri I Kraton Pasuruan sejumlah 31 siswa. Instrument yang digunakan adalah wawancara observasi tes. Teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi paparan dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kualitas hasil belajar siswa pada pra tindakan 36 45 siklus I (65 55) dan siklus II (74 03). Hasil penelitian yang dilaksanakan dua siklus maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa kelas II SDN Sidogiri I tahun pelajaran 2009/2010. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai (1) sumber informasi sumber pengetahuan sumber belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar membaca nyaring (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat (2) upaya peningkatan kemampuan membaca siswa (3) sumber belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan mata pelajaran yang lain. Bagi siswa melatih gemar membaca dan menjadikan motivasi siswa lebih aktif mengembangkan potensi dalam dirinya. Bagi Peneliti menjadi sumber inspirasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang keterampilan berbahasa yang lain pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103370

Actions (login required)

View Item View Item