High school students' problems in writing an English essay / Merina Karolina - Repositori Universitas Negeri Malang

High school students' problems in writing an English essay / Merina Karolina

Karolina, Merina (2017) High school students' problems in writing an English essay / Merina Karolina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karolina Merina. 2016. Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menulis Esai Berbahasa Inggris. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci masalah menulis esaiBahasa Inggris menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengkategorikan danmenjabarkan tipe-tipekesalahan yang dihadapisiswadalammenulisesaiberbahasaInggris. Data penelitianinidiambildarihasiltulisan partisipan.Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di SMA Diponegoro Tumpang. Siswadimintauntukmenulisesai 3 paragrafberdasarkan topic yang sudahditentukanolehpeneliti. Kelas ini dipilih karena memiliki performa yang paling rendah dalam pelajaran Bahasa Inggris dibandingkan dengan dua kelas lainnya. Ditemukan jugabahwa siswa dikelas ini tidak pernah diminta untuk berlatih menulis. Dari masalahtersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menganalisis kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswadalammenulisesaiberbahasaInggris. Setelah menganalisis dan mengklasifikasi data yang didapat ditemukan bahwa ada 3 masalah utama dalam esai siswa yaitu grammar vocabular dan organization. Dari 3 masalah utama ditemukan 244 kesalahan secara keseluruhan. Sebanyak 61% atau 150 kesalahan terjadi pada grammar 33% atau 80 kesalahan terjadi di vocabulary 6% atau 14 kesalahan terjadi di organization. Dalam grammar ditemukan 16% atau 24 kesalahan terjadi pada penggunaan tenses 10% atau 15 kesalahan tejadi ada penggunaan preposition 16% atau 24 kesalahan terjadi pada penggunaan pronoun dan 40% atau 60 kesalahan terjadi pada penggunaan plural. Dalam vocabulary ditemukan sebanyak 33% atau 80 kesalahan terjadi yang berhubungan dengan spellingdan choice of word. Berdasarkan hasil temuan diketahui bahwa kesalahan terjadi paling banyak dalam grammar. itu menunjukkan bahwa grammar menjadi sumber masalah bagi siswa dalam menulis esai Bahasa Inggris. Siswa membuat banyak kesalahan terutama dalam penggunaan plurality karenakurangnya pengetahuan dalam bidang tata Bahasa Grammar. Banyak dari mereka yang masih tidak mengerti tentang perbedaan simple present tense dan simple past tense. Mereka menggunakan past form dalam esai mereka yang tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan yaitu menggunakan simple present tense. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk lebih menekankan pada aktivitas-aktivitas menulis yang dapat membantu para siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10337

Actions (login required)

View Item View Item