Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan peta konsep di SDN Percobaan 2 kota Malang / Endah Umi Noer Sehaten - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan peta konsep di SDN Percobaan 2 kota Malang / Endah Umi Noer Sehaten

Sehaten, Endah Umi Noer (2010) Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan peta konsep di SDN Percobaan 2 kota Malang / Endah Umi Noer Sehaten. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran IPA peta konsep hasil belajar Hasil observasi awal di SDN Percobaan 2 Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV materi sumber daya alam masih kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru mendominasi pembelajaran melalui kegiatan ceramah dan mencatat. Hasil belajar siswa rata-rata 60 atau masih dibawah SKBM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yakni 65. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan model pembelajaran peta konsep (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran peta konsep (3) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran peta konsep. Penelitian ini dilakukan di SDN Percobaan 2 Malang dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 13 laki-laki. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Tanggart meliputi (1) perencanaan (planning) (2) tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) (4) refleksi (reflecting). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah peta konsep. penerapan model peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pra tindakan 49 2 siklus I 76 6 dan siklus II 83 3. Sedangkan secara klasikal diperoleh hasil 92 3% siswa telah mencapai SKBM. Penggunaan model pembelajaran peta kosep terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 51 5 dan siklus II 66 2. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan model peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SDN Percobaan 2 Malang. Hasil penelitian ini memiliki harapan agar model peta konsep dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya materi sumber daya alam karena pembelajaran peta konsep menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung kepada siswa sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103369

Actions (login required)

View Item View Item