Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nurul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nurul Hasanah

Hasanah, Nurul (2010) Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Nurul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis permulaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) hasil belajar. Keterampilan menulis merupakan kegiatan produktif yang sebaiknya dimiliki oleh seseorang. Pengetahuan serta keterampilan menulis dapat dimiliki melalui bimbingan dan latihan yang intensif yaitu dimulai sejak sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan kemampuan menulis siswa masih rendah yaitu rata-rata 60 2 sedangkan kriteria ketuntasan belajar minimum yaitu 65. Hal itu diduga karena penggunaan metode pembelajaran menulis permulaan yang kurang tepat. Oleh karena itu peneliti menawarkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan harapan permasalahan tersebut dapat segera diatasi. Metode SAS adalah metode pembelajaran menulis permulaan dengan cara menguraikan sebuah kalimat yang diambil dari sebuah cerita menjadi kata-kata suku kata dan huruf kemudian disusun kembali dari huruf menjadi suku kata kata dan kembali menjadi kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan melalui metode SAS di kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I SDN Sruwi KecamatanWinongan Kabupaten Pasuruan melalui metode SAS. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Guru Sebagai Peneliti . Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (acting) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Sruwi Kecamatan winongan berjumlah 32 siswa. Dari hasil observasi selama kegiatan penelitian tindakan kelas ini didapatkan data rata-rata nilai kemampuan menulis pada siklus I sebesar 74 3 dan siklus II sebesar 80 1. Hasil belajar yang sudah mencapai KKM pada siklus I 23 siswa (71 8%) dan siklus II 28 siswa (87 5%). Dari segi keaktivan semua siswa sudah terlibat dalam kegiatan tanya jawab dan dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan tepat waktu. Dengan kata lain keaktivan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Disarankan bahwa dalam pembelajaran menulis permulaan guru kelas I SDN Sruwi Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan hendaknya menggunakan metode SAS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melaksanakan penelitian lebih lanjut metode SAS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melaksanakan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103367

Actions (login required)

View Item View Item