Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penerapan model belajar dialog kreatif mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang / Agung Darul Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penerapan model belajar dialog kreatif mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang / Agung Darul Fanani

Fanani, Agung Darul (2010) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penerapan model belajar dialog kreatif mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang / Agung Darul Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca Pemahaman Model Belajar Dialog Kreatif Berdasarkan observasi awal menyebutkan bahwa tingkat penguasaan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Bumirejo IV masih sangat rendah. Hal ini diduga karena kurangnya minat dan keseriusan siswa dalam belajar membaca cerita siswa hanya menggunakan atau membaca buku paket yang ada. Kondisi tersebut disebabkan belum dilaksanakannya pembelajaran membaca dengan menerapkan model belajar dialog kreatif yang merupakan bagian dari pengembangan pembelajaran interaktif untuk kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan Penerapan model belajar dialog kreatif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman isi bacaan di kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang (2) Untuk mendeskripsikan model dialog kreatif dapat meningkatkan keterampilan membuat pertanyaan pada siswa kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang (3) Untuk mendeskripsikan model dialog kreatif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang isi bacaan pada siswa kelas III SDN Bumirejo IV Dampit Malang. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk memecahkan masalah yang timbul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai 4 tahap yakni Perencanaan (Planning) Tindakan (Action) Pengamatan (Observation) Refleksi (Reflektive). Dalam penelitian ini siswa diberi tindakan yakni berupa pembelajaran menggunakan Model Belajar Dialog Kreatif. Kemampuan siswa membaca pemahaman isi bacaan melalui model belajar dialog kreatif menunjukkan bahwa baik itu siswa dengan kemampuan tinggi siswa dengan kemampuan sedang ataupun siswa dengan kemampuan rendah dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman isi bacaan siswa. Model belajar dialog kreatif juga meningkatkan antusias dan keaktifan siswa. Penerapan model dialog kreatif pada pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas III SDN Bumirejo 04 Dampit memiliki dampak positif meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam membuat pertanyaan berdasarkan isi bacaan yang ditunjukkan dengan prosentase keterampilan yang naik mulai dari pra tindakan sampai siklus II serta dapat meningkatkan keterampilan memahami isi bacaan. Diharapkan bagi guru untuk mengatasi masalah siswa dalam membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model belajar dialog kreatif dengan mengelompokkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103361

Actions (login required)

View Item View Item