Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran paikem di SDN Ketandan III Lengkong Kabupaten Nganjuk / Pipit Teguh Harianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran paikem di SDN Ketandan III Lengkong Kabupaten Nganjuk / Pipit Teguh Harianto

Harianto, Pipit Teguh (2010) Peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran paikem di SDN Ketandan III Lengkong Kabupaten Nganjuk / Pipit Teguh Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar IPS strategi pembelajaran PAIKEM. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang meng-kaji seperangkat peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Proses pembelajaran IPS di SDN Ketandan III belum sesuai dengan hakikat IPS tersebut. Hasil pengamatan pendahuluan diperoleh informasi bahwa siswa belum aktif dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki kondisi tersebut di-lakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksa-naan pembelajaran IPS kelas IV di SDN Ketandan III dengan menggunakan me-tode ceramah pada tahap pra tindakan (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV di SDN Ketandan III pada tahap pra tindakan (3) Bagaimanakah pelak-sanaan PAIKEM pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Ketandan III Lengkong kabupaten Nganjuk pada setiap siklus (4) Bagaimanakah hasil belajar IPS kelas IV di SDN Ketandan III Lengkong kabupaten Nganjuk dengan menggunakan strategi PAIKEM Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pem-belajaran IPS dengan menggunakan metode ceramah pada tahap pra tindakan (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode ceramah pada tahap pra tindakan (3) Untuk men-deskripsikan pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Ketandan III Lengkong kabupaten Nganjuk pada tiap siklus (4) Untuk mendes-kripsikan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Ketandan III Lengkong kabupaten Nganjuk dengan menggunakan strategi PAIKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan pada pra tindakan adalah 45 5% meningkat menjadi 74 9% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 81 3%. Pada siklus II yang belum tuntas ada 2 siswa (18 7%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pe-nerapan strategi PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar dan proses pembela-jaran IPS siswa kelas IV SDN Ketandan II kecamatan Lengkong di Nganjuk. Bedasarkan simpulan di atas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh guru dan sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu (1) dalam melaksanakan pembelajaran guru memilih model yang bisa mengaktifkan siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan agar siswa lebih aktif dan ber-semangat dalam belajar (2) Suasana pembelajaran yang diiringi dengan pujian guru terhadap hasil karya siswa yang disertai pertanyaan guru yang menantang dan dorongan agar siswa melakukan sendiri kegiatan belajarnya misalnya meru-pakan pembelajaran yang baik untuk mengembangkan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103357

Actions (login required)

View Item View Item