Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas IV di SDN Pisang III Kabupaten Nganjuk / Setya Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas IV di SDN Pisang III Kabupaten Nganjuk / Setya Dwi Rahayu

Rahayu, Setya Dwi (2010) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas IV di SDN Pisang III Kabupaten Nganjuk / Setya Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran jigsaw hasil belajar PKn sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengamatan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran PKn lebih didominasi dengan menggunakan metode kon-vensional. Sehingga siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan rata-rata yaitu 69. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembela-jaran Jigsaw pada siswa kelas IV mata pelajaran PKn Kompetensi Dasar Globa-lisasi di SDN Pisang III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk (2) proses belajar siswa kelas IV di SDN Pisang III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk dan (3) hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pisang III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk dalam mata pelajaran PKn Kompetensi Dasar Globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan 2 siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam pembelajaran PKn Kelas IV di SDN Pisang III dilaksanakan dengan cara siswa dibagi menjadi beberapa kelompok asal yang kemudian anggota kelompok asal tersebut akan menjadi anggota kelompok baru yang disebut kelompok ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pisang III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar secara kelompok pada siklus I ke siklus II naik 10%. Peningkatan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I ke siklus II juga naik sebesar 60%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Model pembelajaran Jigsaw dapat diterapkan guru untuk memperbaiki pembelajaran PKn agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103351

Actions (login required)

View Item View Item