Perbedaan hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah kelas 1 untuk siswa input TK dan non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang / Neni Indayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah kelas 1 untuk siswa input TK dan non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang / Neni Indayati

Indayati, Neni (2010) Perbedaan hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah kelas 1 untuk siswa input TK dan non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang / Neni Indayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Soal cerita penjumlahan Siswa input TK dan non TK Sekolah Dasar sebagai pendidikan formal merupakan sarana bagi masyarakat dalam memperolah pembelajaran. Ada kalanya masyarakat yang awam memasukkan anak-anaknya yang masih kurang umur dan tanpa pendidikan TK untuk memasuki sekolah SD. Akibatnya anak kurang siap ketika masuk SD. Hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuannya dalam mengerjakan soal cerita penjumlahan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan nilai hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah di kelas 1 siswa input TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang (2) mendiskripsikan nilai hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah di kelas 1siswa input non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang dan (3) mendiskripsikan nilai hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah di kelas 1 semester 1siswa input TK lebih tinggi dari siswa input non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan merupakan jenis penelitin komparasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 1 SDN se-Kecamatan Dau Malang dengan sampel 70 siswa dari tujuh SD yang dijadikan sampel daerah diantaranya 35 anak input TK dan 35 anak input non TK. Instrumen yang digunakan tehnik dokumentasi dengan mengambil nilai ulangan harian siswa dari pokok bahasan soal cerita penjumlahan bilangan cacah di kelas 1 semester 1 tahun pelajaran 2009/2010. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Untuk membuktikan perbedaan hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah kelas 1 data dianalisis dengan menggunakan uji- t tetapi sebelumnya dicari terlebih dahulu skor rata-rata dari masing-masing kelompok kontrol dan mencari standart deviasi dari keduanya kemudian diteruskan dengan perhitungan uji-t diperoleh t 8 54 dengan menggunakan derajat kebebasan 68 dan taraf 0 05 t 2 000 untuk t tabel. Dengan demi kian t observasi lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) hasil belajar soal cerita penjumlahan kelas 1siswa SD Input TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang memiliki skor rata-rata 78 57 (2) hasil belajar soal cerita penjumlahan kelas 1siswa SD Input Non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang memiliki skor rata-rata 39 71 (3) hasil belajar soal cerita penjumlahan bilangan cacah kelas 1siswa input TK lebih tinggi dari siswa input non TK di SDN se-Kecamatan Dau Malang Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan kepada orang tua hendaknya anak disekolahkan di TK terlebih dahulu sebelum ke SD agar anak mempunyai pengetahuan awal dan lebih siap dalam menerima pelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103350

Actions (login required)

View Item View Item