Using problem-based teavhing strategy with picyure puzzles to enhance the 7th graders' ability in writing descriptive texts at SMPN 9 Malang / Rendhi Fatrisna Yuniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Using problem-based teavhing strategy with picyure puzzles to enhance the 7th graders' ability in writing descriptive texts at SMPN 9 Malang / Rendhi Fatrisna Yuniar

Yuniar, Rendhi Fatrisna (2017) Using problem-based teavhing strategy with picyure puzzles to enhance the 7th graders' ability in writing descriptive texts at SMPN 9 Malang / Rendhi Fatrisna Yuniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniar Rendhi Fatrisna. 2016. Penggunakan Strategi Problem-based dengan Picture Puzzles untuk Meningkatkan Kemampuan siswa dalam Menulis Teks Deskriptif kelas 7 di SMPN 9 Malang. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. E.D. Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci Menulis teks deskriptif Picture Puzzles strategi materi visual Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang dialami oleh guru dan siswa kelas di SMPN 9 Malang khususnya kelas VII-C. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa siswa kelas VII-C memiliki masalah dalam menulis terutama dalam menulis teks deskriptif. Siswa mempunyai masalah pada pengorganisiran ide-ide pengembangan ide-ide dan penggunaan grammar dan kosa kata. Peneliti menemukan bahwa siswa tidak pernah diajar menggunakan media gambar. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian ini dengan menerapkan penggunaan Picture Puzzles sebagai media untuk memecahkan masalah siswa dalam menulis teks deskriptif. Picture Puzzles adalah potongan-potongan gambar yang harus diatur untuk membuat gambar yang utuh. Siswa dapat mendeskripsikan gambar yang telah mereka atur. Media ini digunakan untuk memadukan antara visual yang siswa amati dari objek dalam gambar dan ide mereka dalam menulis. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam satu siklus lebih spesifinya empat pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat langkah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan mengamati tindakan dan mencerminkan tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 9 Malang pada semester kedua tahun akademik 2015/2016. Ada 32 siswa yang terlibat dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi checklist kuesioner dan tugas menulis. Guru Bahasa Inggris dan kolega peneliti berperan sebagai pengamat. Salah satu teman peneliti itu mengambil peran sebagai pengamat dan penilai. Peneliti meminta bantuan seorang teman untuk mengambil peran sebagai penilai pekerjaan siswa karena peneliti ingin meminimalkan bias dalam menilai hasil pekerjaan siswa. Pada akhir siklus peneliti menemukan bahwa penelitiannya telah mencapai kriteria sukses. Langkah-langkah dalam menggunaan media ini adalah (1) menyusun puzzle untuk membuat gambar yang utuh (2) menemukan kosa kata yang berhubungan dengan gambar yang didapat (3) membuat paragraph dari kalimat yang dibuat dari kosa kata berdasarkan gambar yang didapat. Penelitian ini memberikan solusi bagi guru yang memiliki masalah yang sama atau mirip berhubungan dengan kurangnya kemampuan siswa dalam menulis. Peneliti memberikan saran kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan Picture Puzzles sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Untuk peneliti selanjutnya peneliti memberi saran untuk mempertimbangkan jumlah gambar yang digunakan dengan alokasi waktu. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai pedoman bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item