Penerapan model Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Masangan Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Sapira Gurgurem - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Masangan Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Sapira Gurgurem

Gurgurem, Sapira (2010) Penerapan model Dick and Carey untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Masangan Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Sapira Gurgurem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Model Dick and Carey Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun menimpa masyarakat. Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Masangan adalah rendahnya hasil belar siswa dan kerja sama siswa dalam proses belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Model Dick and Carey adalah salah satu dari model prosedural. Yaitu model yang menyarankan agar penerapan prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan langkah-langkah yang harus di tempuh secara berurutan. Alasan dalam memakai model Dick and Carey ini adalah karena pada SDN Masangan dalam pembelajaran dikelas guru pada proses pembelajaran tidak biasanya menggunakan model atau strategi pembelajaran hanya guru memperbiasakan siswa untuk selalu belajar dengan cara mengerjakan tugas-tugas yang terdapat pada buku LKS masing-masing tanpa ada penjelasan apapun dari guru.Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan Model Dick and Carey agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada siswa kelas V SDN Masangan Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model MC Kernan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes selama proses pembelajaran. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 55 68% Setelah titerapkan pembelajaran model Dick and Carey pada siklus I dan siklus II maka pada hasil pos tes siklus I hanya 10 (45 45 %) siswa yang mampu memperoleh nilai di atas standar keberhasilan yang ditetapkan (70 %) dan 12 (54 54%) siswa lainya belum mencukupi standar yang ditetapkan dengan rata-rata kelas adalah 68 63 %. Sedangkan pada siklus dua rata-rata kelas meningkat menjadi 20 (90 %) siswa dan tingkat keberhasilan siswa berkurang menjadi 2 (9 91 %) siswa. Oleh karena itu secara klasikal rata-rata nilai siswa dalam kelompok maupun individu siswa belum berhasil karena masi ada 2 siswa belum berhasil dalam proses pembelajaran sedangkan yang berhasil hanya 20 siswa. . Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan menambah wawasan pengetahuan bagi peneliti lain sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Dick and Carey baik dalam pembelajaran IPS maupun pada pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103347

Actions (login required)

View Item View Item