Penerapan model TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis / Nanik Purwa Ningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis / Nanik Purwa Ningtiyas

Ningtiyas, Nanik Purwa (2010) Penerapan model TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis / Nanik Purwa Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Teams Games and Tournament Hasil Belajar IPS Hasil studi awal pada siswa kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis menunjukkan hasil belajar dan aktivitas siswa yang belum maksimal. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS kelas V maka dlakukanlah penelitian proses pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games and Tournament yaitu model pembelajaran yang menekankan melibatkan siswa aktif dan mampu belajar IPS dengan sekaligus belajar hidup dilingkungan sosial yang sebenarnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model TGT dalam pembelajaran IPS Kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model TGT pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis . Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan perbaikan rencana. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis yang berjumlah 39 anak dengan menerapkan model Teams Games and Tournament. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian tersebut diperoleh data yang rata-rata sebelumnya (63 90) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (68 46) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (69 23%) .Hasil tersebut meningkat lagi di siklus 2 dengan rata-rata kelasnya sebebsar (81 41) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (94 87%). Pada siklus 2 data sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu perolehan rata-rata kelasnya sudah mencapai di atas 85% sehingga siklus pembelajaran dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model Teams Games and Tournament dilakukan dengan 5 tahap yaitu presentasi kelas pembentukan team games turnamen pengharagaan yang telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Banjarejo 02 Kecamatan Pakis. Karena masih ada keterbatasan peneliti maka disarankan untuk melakukan penelitian lagi tentang model Teams Games and Tournament dengan pengelolaan kelas yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103346

Actions (login required)

View Item View Item