Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Ida Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Ida Irianti

Irianti, Ida (2010) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Ida Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model CTL menulis puisi SD. Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan peneliti di SDN Andonosari III Kec.Tutur Kab.Pasuruan. Dari hasil observasi diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis puisi guru masih menggunakan gaya lama dengan orientasi lebih banyak pada ceramah tanya jawab dan pemberian contoh. Sehingga suasana pembelajaran cenderung monoton dan membosankan. Dampaknya siswa belum bisa mengaplikasikan unsur-unsur materi yang telah dipelajari. Berdasarkan dokumentasi tes tulis pada materi menulis puisi yang dilakukan oleh guru kelas V SDN Andonosari III pada 17 Maret 2010 diperoleh informasi bahwa nilai kemampuan menulis puisi siswa kelas V masih rendah. Pada materi tersebut dari 12 siswa hanya 2 orang siswa yang mencapai nilai diatas 80 sesuai syarat ketuntasan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah CTL pada menulis puisi dikelas V SDN Andonosari III mendiskripsikan peningkatan menulis puisi melalui CTL. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan tahapan (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan dan (4) refleksi. Langkah-langkah model CTLyang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi/pengamatn menemukan tema untuk menulis puisi pemilihan kata tang tepat mengkomunikasikan hasil menulis puisi melalui model CTL. Aspek belajar siswa yang diamati dalam pembelajaran menulis puisi melalui model CTL yaitu (1) siswa diajak keluar kelas untuk melakukan pengamatan lingkungan (2) menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai media (3) menulis puisi sesuai tema (4) diskusi kelompok dalam kelas (5) melaporkan hasil menulis puisi. Hasil penelitisn menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi melalui model CTL terlaksana 70 5% pada siklus I dan 74 2% pada siklus II. Pembelajaran melalui model CTL dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa. Dari hasil tersebut diatas dapat diperoleh bahwa pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Andonosari III aktiv dan menyenangkan. Disarankan pada guru untuk melakukan pembelajaran menulis puisi melalui model CTL sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah disarankan mengembangkan pembelajaran menulis puisi melalui model CTL sebagai upaya pengembangan sekolah utamanya dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103345

Actions (login required)

View Item View Item