Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model pakem pada siswa kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar / Ahmad Edy Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model pakem pada siswa kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar / Ahmad Edy Purwanto

Purwanto, Ahmad Edy (2010) Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model pakem pada siswa kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar / Ahmad Edy Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis narasi PAKEM. Dalam pembelajaran menulis lanjutan di Sekolah Dasar (SD) biasanya siswa mengalami kesulitan baik dalam segi kebahasaan maupun nonkebahasaan. Kesulitan siswa dalam segi kebahasaan meliputi penggunaan ejaan Bahasa Indo-nesia huruf besar tanda baca dan cara menulis paragraf yang benar. Sedangkan kesulitan siswa dalam segi nonkebahasaan meliputi kemampuan menggunakan unsur-unsur jenis tulisan yang hendak ditulis seperti menulis narasi diskripsi argumentasi eksposisi puisi dan pantun. Pada siswa kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis narasi. Banyak siswa yang belum dapat menulis narasi dengan benar baik dalam segi kebahasaannya maupun nonkebahasaannya. Untuk itu dilaksanakan penelitian tentang peningkatan kemampuan menulis narasi dengan model PAKEM pada siswa kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar. Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV dengan menggunakan model PAKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hal yang dijadikan bahan kajian penelitian adalah kualitas belajar siswa dalam proses dan hasilnya. Hasil dari pelaksaan penelitian ini nantinya akan dijabarkan dalam bentuk angka-angka dengan tujuan untuk mempermudah penyimpulan data penelitian. Pada penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pembelajaran yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus pembelajaran terdapat empat kegiatan yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu perencanaan pelaksanaan/tindakan observasi dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi angket siswa dan hasil tulisan narasi siswa. Hasil pelaksanaan siklus I adalah nilai rata-rata aktivitas (proses belajar) siswa mencapai 75 nilai aspek kebahasaan mencapai 72 dan nilai aspek nonkebahasaan mencapai 73. Sedangkan dari hasil tindakan siklus II didapatkan hasil bahwa nilai proses siswa mencapai 85 aspek kebahasaan mencapai 84 dan aspek nonkebahasaan mencapai 85. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi menulis narasi baik. Nilai rata-rata siswa pada setiap aspek yang diamati selalu berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Temenggungan 01 Kabupaten Blitar. Selain baik nilai siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Hal ini membuktikan bahwa model PAKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103343

Actions (login required)

View Item View Item