Peningkatan kemampuan membuat pantun menggunakan media kartu kalimat pada siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan / Nur Anisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membuat pantun menggunakan media kartu kalimat pada siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan / Nur Anisah

Anisah, Nur (2010) Peningkatan kemampuan membuat pantun menggunakan media kartu kalimat pada siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan / Nur Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Kemampuan Membuat Pantun Media Kartu Kalimat. Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.Karena Bahasa Indonesia sangat penting tujuan dan fungsinya maka diberikan mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI di Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan dan fungsinya maka pembelajaran yang dilaksanakan hendaknya membuat siswa senang menarik efektif efisien dan hasil belajar yang bermutu tinggi. Berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Kolursari I Bangil yang merupakan permasalahan adalah siswa masih mengalami kesulitan membuat pantun yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran membuat pantun menggunakan media kartu kalimat pada siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam membuat pantun menggunakan media kartu kalimat siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan dapat meningkat. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang dilakukan selama satu semester. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Penerapan pembelajaran membuat pantun menggunakan media kartu kalimat pada siswa kelas IV SDN Kolursari I Bangil Pasuruan adalah dari hasil APKG 1 dan APKG 2 pada siklus 1 menunjukkan perolehan skor 3 22 pada APKG 1 dan 3 25 pada APKG 2. Sedangkan pada siklus II APKG 1 menunjukkan perolehan skor 3 53 dan 3 38 pada APKG 2 Dari hasil penelitian ternyata cara yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membuat pantun adalah dengan menggunakan media kartu kalimat ini terbukti terjadi peningkatan keaktifan ini telah memenuhi target dari yang diharapkan yaitu 80%. Terjadi peningkatan kemampuan membuat pantun dari 8 siswa (72%) yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan menjadi 27 siswa (93%) yang mencapai ketuntasan. Peningkatan kemampuan membuat pantun ini juga telah memenuhi indikator dari yang diharapkan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dalam proses pembelajaran agar guru menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103342

Actions (login required)

View Item View Item