Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedung Banteng 02 kecamatan Rembang melalui penerapan model peta konsep / Dingi Tresnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedung Banteng 02 kecamatan Rembang melalui penerapan model peta konsep / Dingi Tresnawati

Tresnawati, Dingi (2010) Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedung Banteng 02 kecamatan Rembang melalui penerapan model peta konsep / Dingi Tresnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar IPA Model Peta Konsep Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi terhadap pembelajaran siswa kelas V SDN Kedung Banteng 02 Rembang yang menunjukkan (1) pembelajaran masih terpusat pada guru kegiatan pembelajarannya banyak didominasi dengan pencatatan materi karena keterbatasan buku paket (2) Siswa yang merasa bosan selama kegiatan pembelajaran yang menyebabkan siswa cenderung mengganggu temannya (3) hasil belajar siswa yang menunjukkan rata-rata 42 17. Hal ini dibawah standar ketuntasan belajar siswa yang telah ditetapkan SDN Kedung Banteng 02 yaitu apabila 80% siswa mencapai nilai 60 . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran model peta konsep aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat tidakan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang dikenakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 23 siswa SDN Kedung Banteng 02 Kecamatan Rembang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari penilaian penerapan model peta konsep dengan menggunakan APKG 1 dan 2 adalah 3 22 dan 3 25 serta dalam kriteria baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berkriteria baik dan hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 54 13 dan ada 13 siswa yang belum mencapai standar ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan adanya perubahan hasil belajar bila dibandingkan dengan kegiatan pra tindakan yang hanya mencapai rata-rata 42 17 siswa dan ada 18 siswa yang tidak mencapai standar ketuntasan belajar. Namun demikian hasil perolehan siklus I belum mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yaitu bila 80% siswa mencapai nilai 60. Sedangkan pada siklus II kembali menunjukkan adanya perubahan. Hasil dari penilaian APKG 1 dan 2 pada siklus II menunjukkan perolehan nilai rata-rata 3 53 dan 3 38 serta dalam kriteria sangat baik. Dari perolehan nilai rata-rata APKG 1 dan 2 pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 0 31 pada APKG 1 dan 0 13 pada APKG 2. Sedangkan aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan kriteria menjadi sangat baik. Untuk hasil belajar pada siklus II 23 siswa memperoleh rata-rata 73 13 dan hanya 1 siswa yaitu AN yang tidak mencapai standar ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model peta konsep pada standar kompetensi mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN Kedung Banteng 02 Kecamatan Rembang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103341

Actions (login required)

View Item View Item