Peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN Kauman Kecamatan Dangie Kabupaten Pasuruan melalui pendekatan CTL / Moch. Nasir - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN Kauman Kecamatan Dangie Kabupaten Pasuruan melalui pendekatan CTL / Moch. Nasir

Nasir, Moch. (2010) Peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SDN Kauman Kecamatan Dangie Kabupaten Pasuruan melalui pendekatan CTL / Moch. Nasir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Kontekstual Hasil Belajar IPA SD Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bukan hanya penguasaan pengetahuan yang berupa fakta-fakta atau konsep-konsep saja melainkan suatu proses penemuan. Upaya mencapai tujuan pembelajaran IPA tidak hanya ditentukan metodenya saja tetapi didukung penilaian media pembelajaran yang relevan dengan materi dan karakteristik siswa pemanfaatan media benda tiruan dalam pembelajaran IPA dapat memudahkan siswa memahami konsep IPA. Fakta hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran suasana kelas menjadi pasif dan hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar materi perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit dengan diterapkannya melalui pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi subjek penelitian berjumlah 28 terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui observasi dokumen dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan melalui pendekatan CTL pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kauman Kec. Bangil Kab. Pasuruan dilakukan dengan langkah-langkah yaitu siswa melakukan experiment tentang memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit secara berkelompok menggunakan media benda tiruan berupa Globe bola plastik bola pimpong senter dan sebagainya. Dilanjutkan menyelesaikan LKS diskusi dan diakhiri dengan evaluasi. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan melalui evaluasi pada siklus I yaitu dari nilai rata-rata 65 7 meningkat menjadi 89 7 pada siklus II. Kesimpulan melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas proses belajar dan aktivitas. Disarankan kepada Kepala SDN Kauman melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran kepada rekan guru manfaatkanlah media dalam pembelajaran. Kepada penelitian lain diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan media pembelajaran benda tiruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103337

Actions (login required)

View Item View Item