Penggunaan media specimen pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang / Dyah Purwahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media specimen pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang / Dyah Purwahyuni

Purwahyuni, Dyah (2010) Penggunaan media specimen pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang / Dyah Purwahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Specimen Hasil Belajar IPA Hasil observasi awal di SDN Kebonagung 06 Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas IV pokok materi struktur akar dan fungsinya guru masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 49 5 dan masih terdapat 42 siswa (91 30%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 65. Selain itu juga dapat diketahui bahwa rata-rata kelas nilai UTS IPA pada semester gasal 2009 sebesar 59 yang juga masih jauh dari KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media specimen pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang (2) peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media specimen (3) keaktifan siswa ketika pelaksanaan pembelajaran materi struktur akar dan fungsinya dengan media specimen dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang mengenai pelaksanaan pembelajaran materi struktur akar dan fungsinya dengan media specimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonagung 06 Malang dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 19 putra dan 27 putri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media specimen pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang dapat dilaksanakan dengan baik dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat. Penggunaan media specimen juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata sebelumnya yaitu 69 dengan ketuntasan belajar kelas 65 22% pada siklus I meningkat menjadi 79 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 89 13% pada siklus II. Selain itu penggunaan media specimen juga terbukti meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini siswa juga memberikan tanggapan positif yaitu mereka merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah guru dapat menggunakan media specimen pada materi atau mata pelajaran lain. Selain itu penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan penelitian-penelitian lain agar menjadi lebih baik di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103332

Actions (login required)

View Item View Item