Penggunaan media poster untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak secara lisan pada siswa kelas II SDN Pulungdowo 03 Tumpang Malang / Mira Asih Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media poster untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak secara lisan pada siswa kelas II SDN Pulungdowo 03 Tumpang Malang / Mira Asih Kusuma

Kusuma, Mira Asih (2010) Penggunaan media poster untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak secara lisan pada siswa kelas II SDN Pulungdowo 03 Tumpang Malang / Mira Asih Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Poster Menceritakan Kembali Secara Lisan Cerita Anak Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa meliputi empat aspek yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia keempat aspek tersebut diberikan secara terpadu dan berkesinambungan. Adapun aspek yang diambil dalam penelitian ini adalah aspek berbicara. Aspek berbicara ini sangat mendukung terjadinya proses berkomunikasi secara lisan. Sehubungan dengan berkomunikasi secara lisan siswa kelas II SDN Pulungdowo 03 mengalami kesulitan dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak secara lisan. Oleh karena itu dipilihlah media poster sebagai media yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menceritakan kembali cerita anak secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan penggunaan media poster dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak secara lisan (2) Memaparkan penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak secara lisan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) guru sebagai peneliti yaitu peneliti bertindak sebagai pengajar langsung sekaligus sebagai pengamat penelitian. Penelitian dilaksanakan di Kelas II SDN Pulungdowo 03 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dengan objek penelitian yang berjumlah 29 siswa. Sebelum penelitian dilakukan peneliti telah terlebih dahulu melakukan validasi media poster agar poster layak untuk digunakan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari pretes sebelumnya berjumlah 8 siswa dengan rata-rata kelas 55 5 menjadi 21 siswa dengan rata-rata kelas 67 pada siklus I. Selanjutnya dari tindakan siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan penguasaan rata-rata 67 menjadi 81. Diketahui pula siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari siklus I berjumlah 21 siswa menjadi 29 siswa (100%) di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada siklus II. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali cerita anak secara lisan. Pembelajaran menggunakan media poster juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan siswa dapat mengeluarkan ide dan berimajinasi serta siswa dapat aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Penggunaan media poster dalam pembelajaran menceritakan kembali hendaknya digunakan guru/pendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang berhubungan dengan pengembangan imajinasi dan ide siswa. Keunggulan media poster dalam pembelajaran menceritakan kembali dapat digunakan guru/pendidik di kelas II SD atau kelas lain baik SD SMP maupun SMA. Namun dengan catatan guru/pendidik dapat menyesuaikan dengan tema atau pokok bahasan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103331

Actions (login required)

View Item View Item