Developing mobile-based listening supplementary materials for seventh graders of SMPN 12 Malang / Silfia Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing mobile-based listening supplementary materials for seventh graders of SMPN 12 Malang / Silfia Ningsih

Ningsih, Silfia (2017) Developing mobile-based listening supplementary materials for seventh graders of SMPN 12 Malang / Silfia Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Silfia. 2016. Pengembangan Materi Tambahan Mendengarkan Berbasis Smartphone untuk siswa kelas VII SMPN 12 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A (II) Dr. Enny Irawati M.Pd. Keywords materi tambahan berbasis handphone mendengarkan siswa kelas VII Listice. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk yang bernama Listice sebagai materi tambahan mendengarkan untuk belajar siswa kelas VII SMPN 12 Malang. Listice adalah sebuah aplikasi yang ada pada smartphone yang berisi materi tambahan mendengarkan untuk kelas 6. Materi yang ada mencakup 4 topik yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Kompetensi dasar yang digunakan sebagai acuan adalah kompetensi dasar 4.10 dan 4.12 yang dituangkan kedalam topik manusia hewan tempat and peringatan tanda. Penelitian ini mengadaptasi desain Penelitian dan Pengembangan dari Borg and Gall (1989). Ada tujuh langkah yang telah dimodifikasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Need Analysis Product Development Expert Validation Product Revision 1 Try-out Product Revision 2 and Final Product. Kuisioner siswa dan wawancara guru dilaksanakan guna mengumpulan data pada langkah need analysis. Ceklis validasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berguna untuk memvalidasi produk dan melakukan revisi produk yang pertama. Lembar observasi kuisioner siswa dan guru digunakan untuk mengumpulkan data selama uji coba produk untukmengetahui respon siswa serta untuk melakukan revisi akhir dari produk yang dikembangakan. Ada 3 revisi yang dibuat dalam pengembangan produk sesuai saran dari ahli. Revisi tersebut mengenai suara perintah dan penyusunan setiap ikon yang ada pada aplikasi. Setelah produk direvisi produk ini diuji cobakan pada siswa kelas VII untuk mendapatkan saran dan komentar dari siswa sebagai target dari pembuatan produk. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner. Hampir semua siswa (85%) setuju bahwa Listice dapat membantu mereka belajar mendengarkan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Listice mampu mengakomodasi kebutuhan siswa kelas VII SMPN 12 Malang dalam membantu siswa belajar Bahasa Inggris terutama dalam mendengarkan. Beberapa tahapan yang sudah dilalui untuk membuat produk ini lebih baik dan mampu menangani kebutuhan siswa. Beberapa tahapan seabagai bukti velid dari produk ini seperti Expert validation and trying-out product. Penelitian lanjutan diharapkan bisa dilakukan untuk mengeatasi kelemahan dari Listice. Produk ini hanya fokus untuk membantu siswa dalam mendengarkan peneliti selanjutnya bisa dilakukan untuk membantu kemampuan siswa selain mendengarkan atau mengkombinasikan kemampuan bahasa siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item