Meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui media pembelajaran gambar seri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Atik Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui media pembelajaran gambar seri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Atik Susanti

Susanti, Atik (2010) Meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui media pembelajaran gambar seri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Atik Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis Karangan media Pembelajaran Gambar Seri SD. Penelitian ini berlatar belakang dari nilai rata-rata tes standarisasi mutu yang berada jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan di SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Disamping itu pembelajaran di kelas kurang memanfaatkan media pembelajaran yang sangat diperlukan untuk memberikan stimulasi dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran menulis karangan menggunakan media pembelajaran gambar seri mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis karangan menggunakan media pembelajaran gambar seri dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis karangan dengan menggunakan media pembelajaran gambar seri di kelas IV SDN Sumberejo I. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kels (PTK) dengan model kolaborasi mulai dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode pengamatan dokumentasi tes dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran alat penilaian kemampuan guru Lembar Kerja Siswa (LKS) panduan penilaian menulis karangan dan panduan wawancara. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Proses penggunaan media pembelajaran gambar seri adalah 1) Menyusun gambar seri yang diacak telebih dahulu 2) Gambar yang telah diacak ditempel dipapan tulis 3) Gambar seri tersebut di urutkan berdasarkan urutan yang benar dengan cara di beri angka di bawah gambar 4) Memberi judul karangan yang sesuai dengan tema 5) Menulis kata berdasarkan gambar 6) Kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat 7) Kalimat disusun menjadi sebuah paragraf 8) Paragraf disusun sehingga menjadi karangan yang utuh berdasarkan gambar seri. Sedangkan media gambar seri terdiri dari 3 buah gambar dengan tema lingkungan (lingkungan depan rumah lingkungan belakang rumah lingkungan sekitar rumah dan lingkungan sekolah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Peningkatan kemampuan menulis karangan tersebut ditandai dengan meningkatnya aspek-aspek ketrampilan menulis karangan dari siklus I ke siklus II dengan nilai keruntutan tulisan dari 59 7 menjadi 62 5 kesesuaian isi karangan dengan tema dari 62 4 menjadi 65 1 penggunaan ejaan dari 61 4 menjadi 64 3 penulisan judul karangan dari 68 7 menjadi 69 6. Disamping itu penggunaan media pembelajaran gambar seri juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 2 5 menjadi 2 9 kesungguhan dalam menulis karangan meningkat dari 2 3 menjadi 2 7 keberanian siswa meningkat dari 2 3 menjadi 2 9.Disarankan bahwa dalam pembelajaran menulis karangan untuk siswa kelas IV hendaknya menggunakan media yang memudahkan siswa dalam menuangkan ide dalam menulis karangan seperti gambar seri yaitu media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan dikelas IV SDN Sumberejo I Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar menulis karangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103329

Actions (login required)

View Item View Item