Penerapan pendekatan modelling untuk meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa kelas V SDN Sambitan 02 Pakel Tulungagung / Ida Marlina Sanyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan modelling untuk meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa kelas V SDN Sambitan 02 Pakel Tulungagung / Ida Marlina Sanyoto

Sanyoto, Ida Marlina (2010) Penerapan pendekatan modelling untuk meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa kelas V SDN Sambitan 02 Pakel Tulungagung / Ida Marlina Sanyoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan modelling kemampuan membacakan puisi Sesuai hasil studi awal yang dilaksanakan di SDN Sambitan 02 Tulungagung didapati bahwa keterampilan membaca pada kemampuan siswa dalam membacakan puisi kelas V masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran membacakan puisi disebabkan karena siswa (1) kurang percaya diri (2) masih malu untuk membacakan puisi di depan (3) kurang memahami teknik membacakan puisi yang tepat. Keadaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain (1) cara pengajaran guru masih monoton (2) metode yang digunakan guru kurang memotivasi siswa (3) guru tidak memberi contoh pembacaan puisi yang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa digunakan pendekatan yang tepat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan modelling. Pendekatan modelling adalah suatu metode untuk mendemonstrasikan suatu prosedur melalui peniruan (vokal dan pengucapan gerak mimik dan irama) suatu tingkah laku hasil pengamatan terhadap seorang model/panutan secara langsung kepada peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap membaca yaitu (1) pramembaca (2) saat membaca dan (3) pascamembaca. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan analisis dan refleksi. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah SDN Sambitan 02 Pakel Tulungagung. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran membacakan puisi dengan pendekatan modelling di kelas V. Subjek penelitian sebanyak 13 siswa. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membacakan puisi siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan pendekatan modelling dari siklus 1 sampai siklus 2. Berdasarkan hasil tes pengamatan peningkatan yang dimaksud meliputi peningkatan dari aspek intonasi pengucapan/pelafalan vokal jeda mimik/ekspresi dan gerak. Pada siklus 1 memperoleh rata-rata 65 2 dan pada siklus 2 rata-ratanya 80 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa melalui pendekatan modelling dapat meningkatkan kemampuan membacakan puisi siswa. Pertama kepada guru agar dapat menggunakan pendekatan modelling dalam pembelajaran bahasa Indonesia kedua kepada kepala sekolah agar mendorong para guru untuk menggunakan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran membaca serta memberi pembinaan bagi semua guru mengenal berbagai pendekatan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103328

Actions (login required)

View Item View Item