Meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep di kelas IV SDN Manaruwi II Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Fatmah Letsoin - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep di kelas IV SDN Manaruwi II Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Fatmah Letsoin

Letsoin, Fatmah (2010) Meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep di kelas IV SDN Manaruwi II Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan / Fatmah Letsoin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Pembentukan konsep kemampuan belajar PKn Sekolah Dasar. Pendidikan Kewargaan Negara (PKn) Merupakan mata pelajaran sosial yang bertujuan untuk membentuk atau membina warga negara yang baik yaitu warga negara yang tahu mau dan mampu berbuat baik. Warga negara yang baik adalah warga negara yang mengetahui menyadari serta melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep siswa kelas IV SDN Manaruwi II (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Manaruwi II Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart melalui dua siklus (siklus I dan II). Fokus penelitian adalah meningkatkan kemampuan belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep siswa kelas IV SDN Manaruwi II Kecamatan Bangil kabupaten pasuruan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Peningkatan kemampuan belajar siswa pada pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep materi pokok struktur organisasi pemerintahan pusat belum mencapai standar ketuntasan belajar. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa yakni 64 16 terjadi peningkatan yang cukup signifikan setelah pemberian tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep pada materi struktur organisasi pemerintahan pusat dengan nilai rata-rata (65 66) ketuntasan belajar ditempuh oleh siswa dengan nilai rata-rata (82 06) setelah diterapkannya model pembelajaran pembentukan konsep pada siklus II dengan jumlah ketuntasan 29 anak sedangkan 1 anak belum dinyatakan tuntas karena belum mencapai kriteria hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) penerapan model pembelajaran pembentukan konsep pada pelajaran PKn berhasil karena keseluruhan siswa kelas IV SDN Manaruwi II telah memenuhi kriteria keberhasilan belajar yang ditentukan dengan nilai rata-rata 8805 70 (b) penerapan model pembelajaran pembentukan konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran pembentukan konsep sesuai dengan karakteristik siswa. Agar hasil belajar siswa meningkat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran pembentukan konsep bagi semua kalangan pengajar terutama bagi para guru kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103324

Actions (login required)

View Item View Item