Penerapan metode pembelajaran diskusi untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi mata pelajaran IPS kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan / Bagus Koko Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran diskusi untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi mata pelajaran IPS kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan / Bagus Koko Wicaksono

Wicaksono, Bagus Koko (2010) Penerapan metode pembelajaran diskusi untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi mata pelajaran IPS kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan / Bagus Koko Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PTK Metode Diskusi Pembelajaran Diskusi Kelompok Pembelajaran IPS Aktivitas siswa Penguasaan materi. SDN Lebakrejo III Pasuruan merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diperlakukan mulai tahun ajaran 2006-2007. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa di dalam kelas cenderung ramai dan siswa tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar karena penggunaan metode pembelajaran yang diperlakukan di SDN Lebakrejo III ini adalah metode ceramah dan bersifat klasikal.. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penerapan metode diskusi melalui model pembelajaran diskusi kelompok yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan menuntut keaktifan siswa. Kegiatan belajarnya dilakukan secara berkelompok oleh siswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka dapatkan dan untuk menemukan konsep serta fakta yang diperoleh dari lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Penerapan pendekatan dengan metode diskusi pada pelajaran IPS kelas III materi lingkungan alam dan buatan 2) Peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan dan 3) Peningkatan penguasaan materi kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan tes. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil penilaian proses belajar mengajar dan hasil penilaian terakhir pembelajaran yang didapat dari nilai test akhir dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Lebakrejo III Pasuruan dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2009-2010 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai IPS LKS soal test akhir sebanyak 15 soal lembar observasi penguasaan materi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Penerapan pembelajaran diskusi kelompok dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana pembelajaran 2) Penerapan pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan penguasaan materi pada mata pelajaran IPS siswa kelas III SDN Lebakrejo III Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan 3) Penerapan pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran 4) Setelah diterapkannya metode pembelajaran diskusi kelompok pada siklus I penguasaan materi siswa mendapat nilai rata-rata 67 08 sedangkan penguasaan materi siswa lebih meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80 76. Pembelajaran dengan metode diskusi kelompok perlu diterapkan di kelas karena dapat meningkatkan penguasaan materi dan meningkatkan aktivitas siswa. Dengan dibentuk berkelompok siswa dapat saling membantu dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses pembelajaran. Ide-ide yang diutarakan siswa dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami oleh siswa. Guru hendaknya mengembangkan potensi diri siswa dengan cara mengemukaan pendapat menyampaikan sanggahan dan lebih aktif dalam jalannya diskusi yang berlangsung saat proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103323

Actions (login required)

View Item View Item