Ohoiwutun, Margaretha (2010) Penerapan model two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Margaretha Ohoiwutun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ohoiwutun Margaretha. 2010. Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Muchtar S.Pd M.Pd (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Model Two Stay Two Stray Hasil Belajar PKn Sekolah Dasar. Sekolah Dasar merupakan tumpuan dari proses pendidikan yang ada pada jenjang berikutnya. Untuk itu pendidikan pada Sekolah Dasar harus dilaksanakan dengan cara yang benar-benar mampu menjadi landasan yang kuat ke jenjang berikutnya. Sekolah Dasar adalah salah-satu lembaga yang mendidik dan mengembangkan potensi siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah adalah (a) mendeskripsikan penerapan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. (b) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Two Stay Two Stray dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Martopuro II Kecamatan Purrwosari Kabupaten Pasuruan. Masalah yang diteliti adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) untuk mendeskripsikan penerapan model Two Stay. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi (b) wawancara (c) tes.Penelitian ini dilakukan di SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Martopuro II yang berjumlah 29 siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I rata-rata proses belajar siswa secara klasikal adalah 65% dikategorikan baik dan pada siklus II meningkat dari 65% menjadi 85% sehingga dikategorikan baik sekali. Hasil belajar PKn siswa SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari juga mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pra tindakan rat-rata kelas mencapai 37 siklus I rata-rata kelas 64 dan siklus II meningkat menjadi 74. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Dari hasil pnelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Martopuro II Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103322 |
Actions (login required)
View Item |