Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelektualy) untuk meninhkatkan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Teresia S. Leisubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelektualy) untuk meninhkatkan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Teresia S. Leisubun

Leisubun, Teresia S. (2010) Penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelektualy) untuk meninhkatkan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Teresia S. Leisubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA Model SAVI (somatic auditory visualization intelectualy). Pelaksanaan pembelajaran IPA hendaknya guru dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar yang ditujukan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan belajarnya. Permasalahannya adalah hasil belajar siswa yang sebagian besar di bawah SKM 70 yaitu 60 65. Akar penyebab hasil belajar siswa di bawah standar SKM 70 diduga karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran dan kurangnya penguasaan guru terhadap model pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif pada kegiatan belajar dikelas. Tujuan penilitian ini adalah 1)Mendiskripsikan penerapan model SAVI dalam pembelajaran IPA kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan 2)Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan setelah diajar melalui model pembelajaran SAVI 3)Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan dalam pembelajaran IPA yang diajar dengan model SAVI. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes observasi lembar APKG dan dokumentasi. selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan alur penelitian PTK. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I pertemuan pertama 67 17 termasuk kategori (rendah) dan pertemuan kedua nilai rata-rata hasil belajar siswa 71 31 termasuk kategori(cukup). Pelaksanaan tindakan siklus I pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua meningkat sebesar (4 14%). sedangkan siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa (71 95) termasuk kategori(cukup) dan pertemuan kedua mencapai 78 26 termasuk kategori(tinggi). Pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan sebesar (6 31%). Dari data hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (somatis auditory visualization intelectualy) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IVA SDN Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Rembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103321

Actions (login required)

View Item View Item