The English syllabus for primary schools: Indonesia and Thailand viewpoints / Ervinda Iskarima - Repositori Universitas Negeri Malang

The English syllabus for primary schools: Indonesia and Thailand viewpoints / Ervinda Iskarima

Iskarima, Ervinda (2017) The English syllabus for primary schools: Indonesia and Thailand viewpoints / Ervinda Iskarima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iskarima Ervinda. 2016. SilabusBahasaInggrisuntukSekolahDasar Sudut Pandang Indonesia dan Thailand. SastraInggris PendidikanBahasaInggris FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. MirjamAnugerahwati M. A (II) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M. A. Kata Kunci KurikulumBahasaInggris sekolahdasar Indonesia dan Thailand termasukdalamanggota ASEAN tetapicarapemerintah di kedua Negara menerapkansilabusBahasaInggristentunyaberbeda. Pesertadidik di Indonesia dan Thailand mempelajariBahasaInggrissejakmerekaberada di bangkusekolahdasar Silabusdigunakanoleh para guru sebagaipetunjukdanacuanuntukmemberikanperubahanbagipesertadidik. TujuandaripenelitianiniialahuntukmengidentifikasiperbedaanisidarikomponendankompetensisilabusBahasaInggrissekolahdasar di Indonesia dan Thailand danbagaimanapenyusunankomponendarisilabus yang disiapkanolehpemerintah. Silabuskeduanegara yang dibandingkanialahsilabusBahasaInggris2006milik Indonesia danBasic Education Core Curriculum B.E 2551 milik Thailand. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdanceklisdigunakansebahaiintrumentambahanuntukmengetahuiisidarikomponendankompetensikeduasilabus. Untukmengetahuihasilnya proses yang dilakukandalammenganalisa data ialahmengidentifikasi menyusun danmenjabarkan. HasildaripenelitianmenunjukkanbahwadalamsilabusBahasaInggrisuntuksekolahdasarditemukanbeberapakomponen. Komponen yang diidentifikasiialahtujuan rationale objectives and performance materi penilaian konteks (umurpesertadidik kelas) karakteristik instruksi danlogistik. Penyusunanisikomponendarisilabusjugamenunjukkanbahwa Thailand memilikipoin-poinisi yang lebihlengkapdaripadasilabus di Indonesia. Berdasarkanhasilpenelitiandandiskusi isikomponensilabus di Indonesia dan Thailand memilikibeberapapersamaandanperbedaan. Beberapakomponensilabus yang samaialah tujuan penilaian alokasiwaktu/jadwal. Komponendarisilabus yang berbedaialah Indonesia memilikirationalesedangkan Thailand tidak Silabus Indonesia menjelaskantentangmateri lingkuppembelajaran danperalatan yang dibutuhkan sedangkansilabus Thailand tidak Thailand menjelaskantentangkonteksdanstrategipembelajaransedangkan Indonesia tidak dankeduasilabusjugatidakmenjelaskanmengenaikarakteriskiksiswadanbiaya yang dibutuhkan. Kompetensi yang tertuangdalamkeduasilabusjugamenunjukkanpersamaan yaknisilabusmenekankankemampuanBahasaInggrissiswa silabus Indonesia dengankemampuanmendengarkan berbicara membacadanmenulis Thailand dengankemampuanberkomunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item