Penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan / Nurul Khikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan / Nurul Khikmah

Khikmah, Nurul (2010) Penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan / Nurul Khikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Hasil Belajar Siswa MI. Guru sebagai pelaksana dan pengembang pembelajaran harus mampu menentukan pendekatan dan metode dalam pembelajaran. Hasil observasi awal ditemukan bahwa hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan sebelum menerapkan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw 8 siswa (53 33%) dari jumlah 15 siswa (100%) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan yaitu 66. Hal ini disebabkan pembelajaran yang kaku dan hanya terpusat pada guru (teacher centered) sehingga aktifitas belajar siswa menjadi pasif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut pendekatan kooperatif tipe Jigsaw sangat tepat sebagai alternatif untuk memperbaiki/meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar meliputi kerja sama dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran IPS di kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasururuan pada Kompetensi Dasar Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia . Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan setelah menerapkan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 1guru dan 15 siswa MI Miftahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan setingkat SD (Sekolah Dasar) yang berada di bawah naungan lembaga pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tehnik tes dan non tes (observasi) sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw dan soal-soal test untuk menilai hasil belajar siswa kelas V MI Mifatahul Ulum Tunggulwulung Pandaan Pasuruan dengan penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS di kelas V MI Miftahul Ulum Tunngulwulung Pandaan Pasuruan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam hal kerja sama dan partisipasi belajar. Dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah penerapan tindakan dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw. Peneliti menyarankan agar guru sebelum menerapkan pendekatan Kooperatif tipe Jigsaw perlu melakukan perencanaan dan penataan ruang kelas yang baik agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar serta mempersiapkan media sumber dan bahan pembelajaran sehingga alokasi waktu untuk kegiatan pembelajaran lebih efektif dan suasana pembelajaran di kelas lebih kondusif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103316

Actions (login required)

View Item View Item