Peningkatan hasil belajar PKn dengan model advance organizer siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Janudin Rumodar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn dengan model advance organizer siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Janudin Rumodar

Rumodar, Janudin (2010) Peningkatan hasil belajar PKn dengan model advance organizer siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Janudin Rumodar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rumodar. Janudin (2010) Peningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Model Advance Organizer Siswa Kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang . Pembimbing (I) Drs Ahmad Samawi M.Hum Pembimbing (II) Drs. H. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Pembelajaran model Advance Organizer Pendidikan Kewarganegaraan di SD Masalah-masalah yang ditemukan di SDN Gejugjati II Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan di atas cukup kompleks yaitu 1) kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah sangat jarang dilakukan dengan praktekum atau demonstrasi karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah tersebut 2) kemampuan siswa masih rendah. Salah satu indikator yang menunjukan kemampuan berpikir masih rendah tersebut adalah siswa jarang menyampaikan pendapat atau mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan guru dan merasa takut pada saat mau memberikan tanggapan atau pendapat atas masalah yang diajukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gejugjati II Kecamatan lekok Kabupaten Pasuruan pada pokok bahasan menghargai keputusan bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah (a) pedoman observasi (b) tes tertulis dan (c) pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan dengan model advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gejugjati II kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 53 93 atau 55 % pada siklus I sedangkan pada siklus II sebesar 78 78 atau 90 % setelah digunakan model pembelajaran Advance Organizer. kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran PKn dengan model advance organizer dikelas V SDN Gejugjati II adalah pelaksanaan yang dilakukan secara berkelompok dan sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam model yang dipakai yaitu (a) penyajian advance organizer (b) memancing dan mendorong pengetahuan siswa fasi ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok dan (c) diferensiasi progesif dalam fase ini mengarahkan masalah pokok menjadi bagian-bagian yang lebih rinci dan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103315

Actions (login required)

View Item View Item