Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Windarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Windarti

Windarti (2010) Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Windarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windarti 2010. Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Guided Note Taking Kualitas Proses Hasil Belajar IPS SD Pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPS. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan ulangan harian dan formatif mencapai 53 00 dengan prosentase ketuntasan belajar 33%. Nilai rata-rata tersebut masih di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditentukan oleh sekolah tersebut yaitu 70 00 dengan prosentase ketuntasan belajar 80% (2) guru diduga belum menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran (3) siswa cenderung ramai dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Note Taking. Hasil penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 3 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang yang terdiri dari 30 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap kualitas proses pembelajaran adalah dengan lebih baiknya guru dalam mengajar yaitu guru dapat membuat RPP dengan model pembelajaran Guided Note Taking dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap meningkatnya kualitas proses belajar siswa yang semula siswa cenderung ramai dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran siswa menjadi lebih berkonsentrasi saat guru menerangkan berani mengutarakan pendapat berani menjawab pertanyaan guru dan dapat bekerjasama dengan temannya saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk dampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa adalah dengan adanya kenaikan rata-rata nilai dari nilai siswa yang semula mencapai rata-rata 53 00 (sebelum diterapkan model pembelajaran Guided Note Taking) meningkat menjadi 63 00 pada siklus I meningkat menjadi 67 11 pada siklus II dan meningkat menjadi 72 34 pada siklus III. Selain itu dampak tersebut juga dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I mencapai 73% meningkat pada siklus II menjadi 83% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103311

Actions (login required)

View Item View Item