Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan / Nelma Voth - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan / Nelma Voth

Voth, Nelma (2010) Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi inquiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan / Nelma Voth. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Voth Nelma. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Beji II Kecamatan Beji Pasuruan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si . (II) Drs. H. Sutrisno S.Pd .M.Pd . Kata Kunci Model pembelajara telaah yurisprodensi inquiri hasil belajar PKn Pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar kurang memberi kesempatan siswa untuk bertanya dan mengutarakan pendapat. Model pembelajaran harus memberikan kesempatan kepada siswa terdorong untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Telaah Yurisprodensi Inquiri di kelas V SDN Beji II (2) apakah terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Beji II dengan menerapkan model pembelajaran Telaah Yurisprodensi Inquiri Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan proses pembelajaran PKn dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model telaah yurisprodensi inquiri (2) meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan dengan menerapkan model pembelajaran telaah yurisprodensi inquiri. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara optimal dalam pembelajaran PKn dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran telaah yurisprodensi inquiri khususnya pada siswa kelas V SDN Beji II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bersiklus model Kemmis dan McTaggart meliputi perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan berjumlah 29 orang dengan komposisi siswa laki-laki 17 dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah dengan memberikan post-test pada setiap akhir siklus dan observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta wawancara setelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Analisis data kuantitatif untuk mendiskripsikan karakteristik hasil tes belajar siswa dan analisis kualitatif untuk hasil aktivitas siswa melalui lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari data lapangan (1) presentasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas V SDN Beji II sebelum penelitian tindakan sebesar 62 75% (2) presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 79 31% (3) presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus kedua sebesar 88 27% dari skor ideal 100. Semangat partisipasi dan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan skor tertinggi 84 7% pada siklus I dengan kualitas baik dan meningkat menjadi 90 5% pada siklus II dengan kualitan sangat baik. Hasil skor aktivitas kemampuan guru dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 92 9% meningkat menjadi 96 4% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran telaah yurisprodensi inquiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Beji II Pasuruan disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran telaah yurisprodensi inquiri pada matapelajaran PKn dalan upaya peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103305

Actions (login required)

View Item View Item