Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar PHn siswa kelas IV SDN. Klampisrejo Kecamatan Kraton - Pasuruan tentang globalisasi / Supaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar PHn siswa kelas IV SDN. Klampisrejo Kecamatan Kraton - Pasuruan tentang globalisasi / Supaidah

Supaidah (2010) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar PHn siswa kelas IV SDN. Klampisrejo Kecamatan Kraton - Pasuruan tentang globalisasi / Supaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supaidah. 2010. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN. Klampisrejo Kecamatan Kraton Pasuruan Tentang globalisasi. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M. Pd 2) Dra. Nur Hanifah M. Pd. Kata Kunci Pemanfaatan Lingkungan Sumber belajar PKn SD Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Hasil observasi awal ditemukan bahwa pembelajaran PKn di SDN. Klampisrejo Kec. Kraton Pasuruan masih didominasi oleh guru guru dalam mengajar masih bergantung pada buku ajar guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dan guru dalam mengajar belum menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar sehingga siswa merasa bosan dan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Ketidakaktifan siswa mempengaruhi pemahaman terhadap materi yang diberikan dan berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini terbukti dengan hasil pre test dengan rata-rata 52 14. Berdasarkan pada hal tersebut pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dangan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar membuat siswa tidak jenuh/ bosan karena belajar diluar kelas serta siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran PKn materi pokok globalisasi dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di SDN. Klampisrejo Kec. Kraton Pasuruan 2) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PKn khususnya materi pokok globalisasi di SDN. Klampisrejo Kec. Kraton Pasuruan 3) mendeskripsikan pemanfaatan ligkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn khususnya materi pokok globalisasi di SDN. Klampisrejo Kec. Kraton Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan dan tiap-tiap pertemuan terdiri atas tahapan-tahapan perencaaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Standart ketuntasan minimal adalah 70 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subjek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV SDN. Klampisrejo Kec. Kraton Pasuruan sejumlah 28 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara test dan dokumentasi. Instrumen penelitian data yang digunakan berupa pedoman observasi guru (APKG II) pedoman observasi keaktivan siswa dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran PKn materi pokok globalisasi dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang telah dilakukan guru sudah sesuai dengan RPP mencapai skor 96 dengan presentase 96% 2) untuk keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi pokok globalisasi dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah siswa lebih aktif ikut berpartisipasi dalam kegiatan observasi dan wawancara dan siswa berani dalam mengutarakan pendapat dalam kegiatan diskusi. 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi pokok globalisasi dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar meningkat hal ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada saat pra tindakan 21 43% siswa mencapai ketuntasan belajar siklus I pertemuan ke-1 28 57% siswa mencapai ketuntasan belajar siklus I pertemuan ke-2 35 71% siswa mencapai ketuntasan belajar siklus II pertemuan ke-1 39 28% siswa mencapai ketuntasan belajar siklus II pertemuan ke-2 85 71% siswa mencapai ketuntasan belajar. Saran yang disampaikan kepada guru kelas IV yaitu agar menerapkan pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran PKn dengan kompetensi ataupun mata pelajaran yang lain.model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian sebagai bahan bandingan sehinggan dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103302

Actions (login required)

View Item View Item