Student teachers' perceptions of their readiness for the internship / Amanda Vira Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Student teachers' perceptions of their readiness for the internship / Amanda Vira Maharani

Maharani, Amanda Vira (2017) Student teachers' perceptions of their readiness for the internship / Amanda Vira Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Amanda Vira. 2016. Student Teachers Perceptions of Their Readiness for the Internship. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharmanto M.Pd. (II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Kata Kunci perception readiness internship Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mencari tahu kesiapan mahasiswa KPLJurusanSastraInggrisuntuk menjalani KPL Keguruan di beberapaaspek. Aspek yang dimaksudkan adalah (1) pemahaman tentang KPL Keguruan (2) minat mengajar (3) pengalaman mengajar (4) perasaan menghadapi KPL Keguruan (5) kecukupan dari matakuliah mengajar (6) nilai dan pengetahuan tentang matakuliah (7) kecakapan berbahasa Inggris (8) refleksi diri (9) persiapan dan (10) saran untuk Jurusan Sastra Inggris. Juga mengecek nilai mahasiswa KPL di matakuliah kecakapan berbahasa Inggris matakuliah bahasa dan sastra bahasa Inggris matakuliah pengajaran bahasa Inggris komponen penelitian dan matakuliah fakultatif yang dapat membantu mengembangkan komponen pengajaran bahasa. Datapenelitian deskriptif kualitatifinididapatkanmelaluiwawancara.Subjek yang diwawancai adalah enam mahasiswa semester enam dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Peneliti merekrut enam mahasiswa KPL dengan prestasi tinggi sedang dan rendah berdasarkan IPK. Enam mahasiwa guru tersebut merepresentasikan keberagaman pengalaman dan kecakapan berbahasa Inggris yang mahasiswa KPLJurusanSastraInggris miliki. Wawancara dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia untuk menghindari kesalahpahaman dan ketidak mengertian maksud dari pertanyaan yang diajukan.Data penelitian dianalisis berdasarkan tiga tahapanyang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KPL masih belum siap di beberapa aspek. Aspek pertama adalah hampir semua dari enam mahasiswa KPL memiliki pemikiran bahwa durasi dari KPL Keguruan terlalu singkat. Kedua tidak semua mahasiswa KPL Pendidikan Bahasa Inggris memiliki minat untuk menjadi guru walaupun mengajar adalah peluang kerja yang dipersiapkan selama belajar di universitas. Ketiga faktor lain yang membuatmerekatidaksiapadalahkegelisahan. Keempat dari aspek matakuliah konten terdapat isu tentang urutan matakuliah yang membuat mahasiswa KPL bingung tentang perencanaan pembelajaran.Terakhir di aspek matakuliah kecakapakan berbahasa Inggris responden mengatakan bahwa matakuliah tersebut sudah cukup membantu dan juga nilai mereka sudah mencukupi tetapi mereka masih memiliki beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian disajikan beberapa saran. Pertama-tama penting bagi mahasiswa KPLmempersiapkan diri lebih baik untuk menjalani KPL Keguruan dengan mengembangkan pengetahuan dan kecakapan berbahasa Inggris secara otodidak atau dengan tutor sebaya sebelum menjalani KPL Keguruan. Dalam halkurikulum terdapat beberapa matakuliah fakultatif yang berguna untuk mahasiswa KPL yang dapat dipromosikan menjadi matakuliah wajib karena sangat penting untuk persiapan guru. Yaitu Classroom Management IMALT dan ICALL.Disarankan agar ada tahapan praktek mengajar di semester-semester sebelum KPL Keguruan seperti pengalamansekolahdanpraktekmengajar. Penting jugauntuk dosen JurusanSastra Inggris untuk mendukung mahasiswa KPLdalam membangun kepercayaan diri dan berlatih untukmeningkatkankecakapan berbahasa Inggris. Untuk peneliti lain hasil penelitian dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian di bidang yang sama.Disarankan untuk peneliti selanjutnya membuat penelitian dengan menggunakan tiga variable penting dari kegiatan mengajar yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran untuk mencari tahu kesiapan mahasiswa KPL dalam melaksanakan KPL Keguruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item